Pengertian Penilaian Acuan Norma (PAN) | Menurut Dra. H Warkitri dan Drs. Eddy Legowo dalam modul “Pendekatan Dalam Evaluasi Hasil Belajar”, Penilaian Acuan Norma (PAN) merupakan cara penafsiran hasil tes hasil Belajar dengan membandingkan penampilan atau tingkah laku belajar seorang siswa dengan siswa lain dalam satuan kelompok.

Menurut Drs. M. Ngalim Purwanto dalam bukunya “Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok.

Menurut Drs Ing. Masidjo dalam buku “Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah” , PAN adalah Penilaian yang memperbandingkan hasil belajar atau nilai siswa dengan hasil belajar siswa lain dalam kelompoknya. Jadi, Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang membandingkan hasil belajar siswa dengan prestasi yang dapat dicapai siswa dalam kelompoknya.

Kelompok yang dimaksud disini adalah jumlah semua siswa yang mengikuti tes, dapat berarti jumlah siswa dalam satu kelas, sekolah, rayon, propinsi atau wilayah. Sedangkan yang dimaksud dengan norma adalah kapasitas atau prestasi kelompok.

PAN berorientasi pada prestasi real yang dapat dicapai oleh kelompok yang dinyatakan dalam prestasi rata-rata kelompok atau Mean. Besarnya prestasi rata-rata kelompok atau mean tersebut sifatnya tidak pasti atau relatif. Kelompok yang bermutu akan menghasilkan mean yang besar, sebaliknya kelompoknya yang kurang bermutu akan menghasilkan mean yang kecil. Oleh karena itu, penilaian ini sering di sebut juga Penilaian Acuan Relatif (PAR).

DAFTAR PUSTAKA

  1. Y. Waluyo, dkk. 1987. Penilaian Pencapaian HAsil Belajar. Jakarta: Penerbit Karunia, Universitas Terbuka

Masidjo, Ign. 1995.  Penilaian Pencapaian HAsil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius,

Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

 

Suparman, Atwi. 2003. Desain Instruksional. Jakarta: Proyek Pengembangan UT, Dirjen Dikti, Departemen Pendidikan Nasional,

 

Arifin, Zainal. 1988. Evaluasi Instruksional. Bandung: CV Remadja Karya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *