Pengetahuan adalah realita yang berasal dari luar diri manusia yang lalu menjadi di mengerti dan dipahami, yakni diketahui melalui kegiatan empiris yaitu penginderaan dan penularan rasional atas hasil empiris sebelumnya.

Pengetahuan merupakan berbagai gejala yang diketahui dan dipahami manusia pengamatan inderawi. Pengetahuan manusia muncul ketika seseorang menggunakan indera atau akal budaya untuk menggali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Pengetahuan seseorang terhadap objek mempunyai intensitas atau tingkat yang berbeda-beda. Secara garis besarnya dibagi kedalam  6 tingkat pengetahuan, yaitu:

  •      Tahu (know)

Tahu diartikan sebagai recall (memanggil) memori yang telah ada sebelumnya setelah mengamati sesuatu.

  • Memahami ( comprehention)

Diartikan untuk memahami suatu objek bukan sekedar tahu terhadap objek tersebut, tidak sekedar dapat menyebutkan, tetapi orang tersebut harus dapat menginterpretasikan secar benar tentang objek yang diketahui tersebut.

  • Aplikasi (application)

Aplikasi diartikan apabila orang yang telah memahami objek yang dimaksud dapat menggunakan atau mengaplikasikan prinsip yang diketahui tersebut paa situasi yang lain.

  • Analisis (analysis)

Analisis adalah kemampuan seseorang untuk menjabarkan atau memisahkan, kemudian mencari hubungan atau komponen-komponen yang terdapat alam suatu masalah atau objek yang diketahui. Kemampuan analisis dapat dilihat, apabila seseorang dapat membedakan, memisahkan, menggabarkan dan mengelompokkan terhadap suatu objek tersebut.

  • Sintesis (synthesis)

Sintesis menunjukkan suatu pengetahuan  atau kemampuan seseorang untuk merangkum atau meletakkan dalam suatu hubungan yang logis dari komponen-komponen pengetahuan yang dimiliki. Dengan kata lain, sintesis adalah suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru dan formulasi-formulasi yang telah ada.

  • Evaluasi (evaluation)

Evaluasi berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk melakukan justifikasi tau penilaian terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan merupakan segala apa yang kita ketahui tentang suatu objek tertentu. Pengetahuan secara artifisial dapat diartikan sebagai keseluruhan bentuk kegiatan usaha manusia dalam usaha untuk sesuatu untuk sesuatu tanpa memperhatikan objek cara dan kegunaannya .