Pengertian Organisasi Statis Dan Dinamis | Organisasi dalam arti statis adalah wadah yang menghimpun atau tempat berkumpulnya sejumlah orang. Orang-orang yang berhimpun itu bermaksud mencapai satu atau sejumlah tujuan yang sama, dengan melakukan kegiatan yang sama pula. Tujuan atau tujuan-tujuan yang hendak dicapai itu dapat berbentuk tujuan yang ditetapkan dan merupakan tujuan bersama. Di samping itu mungkin pula merupakan tujuan yang telah ditetapkan oleh pihak tertentu. yang diterima atau disetujui untuk dicapai secarabersama-sama oleh sejumlah orang yang menghimpun diri itu. dengan melakukan kegiatan secarabersama-sama pula.

Kegiatan yang harus dilaksanakan bersama, mengharuskan diwujudkan dan diselenggarakannya kerja sama. Tanpa kerja sama tidak terbentuk organisasi dan lebih sulit mencapai tujuannya. Kerja sama bukan bekerja bersama-sama. Kerja sama memerlukan suatu cara bahkan sistem yang disetujui semua pihak, sehingga terjadi kegiatan saling menunjang, saling isi mengisi dan bahkan saling membantu satu dengan yang lain. Bekerja bersama-sama, setiap orang bekerja dengan caranya sendiri pada waktu yang sama, tanpa mempersoalkan apakah yang satu mendukung atau tidak mendukung pekerjaan yang sedang dilakukan orang lain.

Berdasarkan uraian-uraian di atas, organisasi di artikan sebagai sistem atau cara mewujudkan proses kerja sama sejumlah orang untuk mencapai satu atau lebih tujuan yang sama. Pengertian seperti itu disebut pengertian dinamis, karena bentuk/cara atau sistem kerja sama satu organisasi mungkin saja berbeda dari organisasi yang lain. Di samping itu juga cara atau sistem kerja sama dalam suatuorganisasi selalu dapat berubah dan berkembang. Cara atau sistem tersebut tidak statis, sebagaimana pengertian organisasi sebagai wadah. Namun sulit dibantah bahwa sifat dinamis itu juga dapat mempengaruhi organisasi sebagai wadah, yang bersifat relatif permanen. Pengaruh itu terjadi berupa akibat dari perkembangan, perubahan, kemajuan atau dinamika organisasi, mungkin saja mengharuskan perubahan struktur organisasi. Dalam keadaan itu berarti dapat terjadi pengembangan atau penciutan kelompok kecil atau unit kerja dalam organisasi, meskipun tidak boleh terlalu sering terjadi. Sedang keseluruhan organisasinya sebagai wadah tidak pemah berubah dalam pengertian relatif permanen.

Sedang dalam pengertian dinamis organisasi adalah sistem atau cara sejumlah orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan selalu dapat berubah dan berkembang. Akan tetapi harus diakui juga bahwa dalam perubahan. kemajuan dan perkembangan yang dapat terjadi itu, unsur-unsur setiap organisasi selalu tetap. Unsur-unsur organisasi dalam arti dinamis itu adalah:

  • ·         Terdapatdua atau lebih orang, yang melakukan kegiatan yang sama.
  • ·         Kegiatan tersebut diwujudkan berupa kerja sama yang harmonis.
  • ·         Kegiatan itu terarah pada tujuan yang sama.

Kerja sama sebagai kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, cenderung memberikan hasil yang lebih besar daripada yang dilakukan sendiri-sendiri atau secara perseorangan. Dengan demikian berarti organisasi bermaksud mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam mewujudkan tujuan yang sama, melalui kegiatan kerja sama sejumlah orang.

Kerja sama yang efektif dan efisien di lingkungan suatu organisasi sebagai eara kerja sama yang sudah mantap. karena polanya selalu tetap maka disebut sistem kerja sama.

—– Semoga Bermanfaat Untuk Pelajar Indonesia —–

Referensi

Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Dra. H. M. Martini Hadari, 1994,‘ Ilmu Administrasi’ Ghalia Indonesia Jakarta

Comments

  1. Ibrahim Lubis

    dinamis bisa diartikan sebagai proses turun naik ya mas (tidak stabil), dan statis merupakan proses yang terus mengalami oeningkatan seperti anak tangga, benarkan mas

    1. aidia Article Author

      Iya mas boleh juga di artikan seperti komentarnya, kalau menurut saya statis itu artinya tetap sedangkan dinamis berubah ubah sesuai keadaan demikian mas, terimakasih sudah berkunjung balik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *