1. Pengertian Model Pembelajaran Talking Stick

Menurut Agus Suprijono (2011:109) pembelajaran talking stick mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat. Talking Stick adalah model pembelajaran dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari meteri pokoknya.

2. Tahapan Model Pembelajaran Talking Stick

  • Tahap pertama, Talking (berbicara): memberikan materi yang akan di pelajari dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk untuk membaca dan mempelajari materi, pada tahap ini guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya.
  • Tahap kedua, Stick (tongkat): mengambil tongkat, memberikan pertanyaan serta menjawabnya, pada tahap ini guru mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya kemudian guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
  • Tahap ketiga, Evaluasi : memberikan rangkuman dari materi yang telah dipelajari, pada tahap ini guru member kesimpulan dan memberikan soal tes kepada siswa.

3. Langkah-langkah Model Pembelajaran Talking Stick

Menurut Nanang Hanafiah (2009:48) langkah-langkah dari model pembelajaran talking stickialah sebagai berikut:

  • Guru menyiapkan sebuah tongkat
  • Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya.
  • Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya.
  • Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
  • Guru memberikan kesimpulan.
  • Evaluasi.

 

Referensi

Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nanang Hanafiah, Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *