Pengertian Komunikasi | Dari segi Ilmu Bahasa di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dikatakan komunikasi adalah “pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antar dua orang atau lebih dengan secara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dipahami”. Sedang di dalam kamus The Holt Basie Dictionary of American English dikatakan“exchange of information, ideas, etc”.

Dari pengertian menurut bahasa itu terlihat bahwa komunikasi adalah tingkah laku. perbuatan atau kegiatan manusia mengirim atau mengoper lambang-lambang/ simbol-simbol yang bermakna/berarti. Sedang dari sisi yang lain merupakan tingkah laku, perbuatan atau kegiatan menerima untuk memahami arti atau makna lambang-lambang atau simbol yang dikirim tersebut. Lambang atau simbol itu berisi atau bermakna gagasan. informasi, pendapat dan saran-saran yang disebut pesan-pesan.

Komunikasi mempakan kegiatan yang berangkai sehingga menjadi proses dan karena berlangsung antar manusia yang berbeda-beda dan bersifat unik, maka sifatnya selalu dinamis dan unik pula. Dengan kata lain, komunikasi sangat mudah berubah dan ber-kembang, sehingga menjadi bervariasi dan kompleks.

Kenyataan lain menunjukkan bahwa setiap manusia melakukan komunikasi sepanjang hidupnya, sehingga dirasakannya sebagai kegiatan yang lumrah dan alamiah, seperti juga melakukan kegiatan bemafas atau makan. Tampaknya tidak terdapat kesulitan apa pun mengenai kegiatan komunikasi karena demikian lumrahnya, sehingga banyak orang yang mengabaikan dan melupakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *