Harga pokok produksi tentu sangat berperan penting dalam menentukan harga jual dari barang (produk) yang dihasilkan. Karena harga pokok produksi merupakan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa, dan disamping itu peranan harga pokok produksi sangat diperlukan pihak pimpinan sebagai acuan dalam menentukan harga pokok penjualan. Dalam hal ini ada beberapa pengertian dari harga pokok produksi antara lain :

Rudianto (2009) dalam judul bukunya pengantar akuntansi harga pokok adalah harga beli dari barang-barang yang dijual di dalam suatu priode akuntansi.

Dari defenisi di atas bahwa harga pokok produksi adalah jumlah biaya yang dikorbankan baik secara langsung atau tidak langsung untuk memproduksi suatu barang atau produk. Harga jual suatu produk ditetapkan sebagai harga pokok produksi dari barang tersebut, hal ini dapat diartikan bahwa suatu perusahaan tidak akan memproduksi suatu barang apabila diperkirakan tidak memberikan keuntungan terhadap perusahan tersebut. Dan laba atau keuntungan akan dapat diperoleh apabila harga pokok produksi lebih rendah dibandingkan harga jual yang dilakukan.

Dari pengertian di atas dapat dikemukakan bahwa biaya produksi adalah semua biaya yang diperlukan untuk memproses suatu produk dari bahan baku sampai dengan menjadi bahan jadi ataupun bahan setengah jadi. Maka dari itu hal ini sangat jelas bahwa untuk menghasilkan suatu barang atau jasa perusahaan harus mengeluarkan sejumlah pengorbanan.

Dapus

Rudianto, 2009, Pengantar Akuntansi Eralangga Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *