The Liang Gie (1992 : 23) mengemukakan pengertian fungsi sebagai berikut: Bilamana dari jumlah pekerjaan suatu organisasi telah menjadi sangat banyak,  maka untuk ketertiban dan kelancaran pelaksanaannya perlu dikelompokkan menjadi kesatuan bidang kerja, masing-masing bidang kerja ini bisa disebut fungsi. Selanjutnya Prajudi Atmosudirdjo (1992:85) mengemukakan; “Fungsi adalah apa atau sesuatu yang harus dilakukakn/dijalankan guna memenuhi maksud dan tujuan”. Sedangkan menurut Sarwoto (1998:23) menyatakan bahwa; “Fungsi adalah sekelompok kegiatan yang homogen dalam arti satu sama lain terdapat hubungan yang sangat erat”.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Musanef (1994:93) bahwa;” Fungsi adalah sesuatu yang dijalankan dan merupakan suatu aktivitas sebagai bagian atau sumbangan kepada organisasi serta keseluruhan atau bagian tertentu”.

Bertitik tolak dari batasan di atas, maka berdasarkan defenisi dan dengan pertimbangan praktis dari pekerjaan yang berkaitan dan saling intervensi satu sama lainnya, dapat dikelompokkan menjadi satu fungsi.

Dalam proses manajemen akan dihadapkan pada penerapan fungsi-fungsi manajemen. Fungsi manajemen akan berkaitan dengan hubungan kerja dan prosedur yang harus dilaksanakan. Fungsi manajemen lebih diarahkan pada perencanaan, pelaksanaan, koodinasi dan pengawasan yang merupakan suatu kesatuan.

Oleh karena itu setiap kegiatan harus mengikuti mekanisme atau prosedur yang telah diterapkan, karena penyelesaian suatu pekerjaan tanpa memperhatikan ketentuan yang berlaku, sulit mencapai tujuan secara optimal.

Batasan kata fungsi dalam kehidupan sehari-hari para ahli mempunyai pandangan yang berbeda-beda, Ada yang menganggap fungsi sebagai hubungan beberapa variabel atau kelompok kegiatan yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Jika nilai variabel yang satu berubah  akan mempengaruhi variabel yang lain.

Cece Wijaya (1990:46) menjelaskan tata fungsi sebagai berikut: Fungsi tidak sama dengan pekerjaan (job), tetapi lebih cenderung mengandung arti pengelompokan tugas-tugas atau kegiatan beberapa pekerjaan mungkin terdiri dari tugas-tugas, dan tugas-tugas ini berada dalam lingkungan fungsi.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi adalah suatu kelompok kegiatan yang saling berkaitan secara serasi, dan jika yang satu berubah akan mempengaruhi bagian yang lain. Ada yang menganggap fungsi merupakan hubungan beberapa vareabel yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Fungsi menunjukkan kedudukan seseorang dalam manjalankan tugas dan perannya.

Dengan demikian maka fungsi sangat erat hubungannya dengan kedudukan seseorang terlebih bagi seorang pimpinan dalam melaksanakan tugas pekerjaannya untuk memotivasi baik dirinya terlebih terhadap bawahannya dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi tujuan yang telah ditetapkan di lingkungan organisasi. Dengan demikian dapat diartikan pula bahwa salah satu tugas pokok yang harus dilakukan untuk menyelenggarakan keseluruhan aktifitas dalam bidang-bidang tertentu guna mencapai berbagai tujuan yang diharapkan.

Oleh karena itu fungsi pada akhirnya dapat disimpulkan sedbagai suatu kelompok kegiatan yang saling berkaitan secara serasi dan jika yang satu berubah akan mempengaruhi bagian yang lain. Bahkan ada yang menganggap fungsi merupakan hubungan beberapa variabel yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya.Karena itu fungsi menunjukkan kedudukan seseorang dalam menjalankan tugas dan peranannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *