Titik lebur adalah titik pada saat kristal berubah ke fase cair, titik lebur kristal padat sama dengan titik beku dari zat cair, perbedaannya dengan titik didih lain adalah titik didih kebanyakan zat padatnya tidak berubah dengan adanya tekanan dari luar.Titik didih suatu cairan adalah suhu pada saat tekanan uap jenuh cairan itu sama dengan tekanan luar.

Apabila tekanan dalam sama dengan tekanan luar, maka gelembung uap terbentuk dapat mendorong air kepermukaan tergantung pada tekanan uapnya. Sebagai manan kita ketahui bahwa air murni pada tekanan 1 atm titik didih 100O C, akan tetapi apabila melarutkan suatu zat kedalam air, maka titik didih larutan akan lebih tinggi dari 1000 C.

Dalam katagori wujudnya zat dibedakan atas zat padat, zat cair, dan zat gas. Masing – masing zat mempunyai perbedaan titik lebur maupun titik didih yang berbeda dengan zat lain. Destilasi adalah operasi dari pendidihan (cair-gas) dan kondensasi yang berikutnya (gas-cair). Operasi ini sering digunakan dalam penyaringan (Luden, 1953).

Titik lebur adalah dimana suatu fase zat padat dan cairan dalam keadaan setimbang karena air memuai bila membeku, maka bertambahnya tekanan cendrung menghindarkan pembekuan artinya titik beku menurun maka bertambah tekanan (Krusch wittz, 1990).

Campuran dapat dipisahkan melalui cara-cara fisik. Pemisahan didasarkan pada suatu perbedaan sifat seperti perbedaan ukuran partikel (butiran). Perbedaan titik didih tersebut merupakan pemisahan dengan metode destilasi, sublimasi, kromatografi, penyaringan (ditrasi) (Surakini, 1996).