Tugas Psikologi Komunikasi

Penerapan Groupthink dalam pengambilan keputusan di suatu perusahaan

Dalam pertemuan kelas Psikologi Komunikasi pada hari Rabu, 24 Oktober 2012, dosen memberikan salah satu materi penerapan Groupthink dalam bentuk permainan. Permainan ini dibuat per kelompok. 1 kelompok beranggotakan 12 orang. Kelompok ini seolah-olah adalah satu perusahaan yang akan mengeluarkan sebuah produk yang nantinya akan dijual kepada para konsumen. Semula-mula dosen memberikan modal Rp. 20.000.000,- kepada tiap-tiap kelompok. 1 kelompok memilih salah satu anggotannya untuk menjadi seorang manager perusahaan. Terdapat 2 jenis produk yang ada di dalam permainan ini, berikut jenis produk dan harga keuntungan dan kerugian yang didapat.

1. 4A = Rugi Rp. 2.000.000,-
2. 3A = Untung Rp. 1.000.000,-
3. 1B = Rugi Rp. 3.000.000,-
4. 2A = Untung Rp. 2.000.000,-
5. 2B = Rugi Rp. 2.000.000,-
6. 1A = Untung Rp. 3.000.000,-
7. 3B = Rugi Rp. 1.000.000,-
8. 4B = Untung Rp. 1.000.000,-

Kelompok kami semula mengatur strategi yang akan kami mainkan dalam permainan ini. Jadi kelompok kami mengusahakan agar modal yang kami terima tidak habis melainkan terus bertambah. Di sini dosen ingin memberikan suatu gambaran seberapa jauh proses Groupthink yang terjadi antar kelompok, dan seberapa penting proses Groupthink yang terjadi.
Kekompakan adalah suatu akibat dari sejauh mana semua anggota memandang bahwa sasaran-sasaran mereka dapat dicapai di dalam kelompok . ini tidak menuntut para anggota untuk memiliki sikap yang sama tetapi para anggota tersebut saling bergantung dan mengandalkan satu sama lain untuk mencapai sasaran-sasaran tertentu yang diinginkan bersama. Penelitian terhadap kelompok kecil menunjukan kekompakan memiliki pengaruh positif karena dapat membantu sinergi efektif dan meminimalkan energi intrinsik.
Teori Groupthink termasuk kedalam kelompok Group Communication Theory. Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam bukunya : Human Communication, A Revision of Approaching Speech / Communication, memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interakasi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecah masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
Dalam kelompok kami muncul Groupthink dan memberikan dampak yang sangat besar dan berpengaruh sekali terhadap proses pengambilan keputusan. Kelompok kami menerapkan salah satu metode Groupthink yaitu :
1. Pendapat Ahli
Kadang-kadang seorang anggota kelompok oleh anggota lainnya diberi predikat sebagai ahli (expert), sehingga memungkinkannya memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk membuat keputusan. Metode pengambilan keputusan ini akan bekerja dengan baik, apabila seorang anggota kelompok yang dianggap ahli tersebut benar-benar tidak diragukan lagi kemampuannya dalam hal tertentu oleh anggota kelompok lainnya.
Dalam banyak kasus, persoalan orang yang dianggap ahli tersebut bukanlah masalah yang sederhana, karena sangat sulit menurunkan indikator yang dapat mengukur orang yang dianggap ahli (superior). Ada yang berpendapat bahwa orang yang ahli adalah orang yang memiliki kualitas terbaik untuk membuat keputusan, namun sebaliknya tidak sedikit pula orang yang tidak setuju dengan ukuran tersebut. Karenanya, menentukan apakah seseorang dalam kelompok benar-benar ahli adalah persoalan yang rumit.
2. Kesepakatan
Kesepakatan atau konsensus akan terjadi apabila semua anggota dari suatu kelompok mendukung keputusan yang diambil. Metode pengambilan keputusan ini memiliki keuntungan , yaitu partisipasi penuh dari seluruh anggota akan dapat meningkatkan keputusan yang diambil, sebaik seperti tanggung jawab para anggota dalam mendukung keputusan tersebut. Metode konsensus sangat penting khususnya dalam keputusan yang berhubungan dengan persoalan-persoalan yang kritis dan kompleks. Metode ini memiliki kekurangan dalam hal waktu yang dibutuhkan dalam membuat keputusan. Metode ini tidak cocok digunakan dalam keadaan yang mendesak.
Daftar Pustaka
http://donatdonit.blogspot.com/2010/05/teori-groupthink.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *