Setelah data exsperimental dikorelasikan dengan analisa dimensional dalam praktek pada umumnya kita menuliskan persamaan untuk garis yang ditarik melalui data tersebut dan membandingkan hasil eksperimen dengan hasil yang diperoleh dengan wahana analitik. Tiap bentuk bercirikan suatu dimensi karakteristik, seperti jarak dari tipe depan X panjang L garis tengah D dan seterusnya. Dimensi karakteristik tersebut dibubuhkan sebagai akhiran pada parameter tanpa dimensi Nu dan Gr.
Bidang datar dan silinder vertical harag local koefisien perpindahan panas untuk konveksi bebas laminar dari sebuah bidang datar atau silinder vertical isothermal pada jarak X dari depan adalah

Persaman diatas menunjukkan bahwa koefisien perpindahan panas berkurang sebanding dengan jarak dari tepi depan dipangkatkan 1/4. tepi depan adlah tepi bawah untuk permukaan yang dipanaskan dan tepi atas bagi permukaan yang lebih dingin daripada fluida sekitarnya. Harga rata rata koefisien perpindahan panas untuk suatu tinggi L diperoleh dengan mengintegrasikan persamaan tersebut serta membaginya dengan L atau :
Dalam daerah turbulen harga hcx, koefisien perpindahan panas local hampir konstan pada seluruh permukaan. Memang untuk Gr>10(PANGKAT9) McAdams menyarankan persamaan :
Suatu analisa teoritik oleh ahli seperti sparrow, greg, yang didukung oleh data exsperimental dari Dotson, menunjukkan bahwa persamaan – persamaan untuk konveksi bebas laminar dari sebuah pelat datar vertical berlaku untuk suhu permukaan yang konstan maupun untuk fluks panas pada permukaan yang seragam. Dalam hal yang disebutkan belakagan, harus dipergunakan suhu permukaan Ts pada setengah tinggi total pelat.
Jika sebuah bidang datar sedikit miring dari vertical seperti ditunjukkan dalam 2.2 maka gaya badan sepanjang sumbu x adalah (gB ( T – T∞) cos α ) dan bilangan Nusselt ratarata untuk permukaan atas dapat diperoleh dengan menggunakan bilangan Grasshof efektif (p2gβ∆T cos L 3 / µ2)