I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pemisahan mekanis merupakan suatu cara pemisahan antar dua komponen atau lebih yang dilakukan dengan cara mekanis. Dalam praktek pemisahan tersebut dapat dilakukan dengan sedimentasi (pengendapan), sentrifugasi dan filtrasi (penyaringan) dan lain sebagainya. Pemisahan antara dua komponen yaitu antara cairan dengan cairan yang tidak saling melarutkan atau cairan dengan padatan yang terdispersi didalamnya dapat dilakukan dengan pengendapat atau sendimentasi tergantung pada pengaruh gravitasi terhadap kedua komponen tersebut. Pada sedimentasi antara partikel dipisahkan berdasarkan perbedaan densitas melalui suatu medium alat. Pada sentrifugasi pemisahan antara partikel padat dancair terjadi karena perbedaan ukuran partikel massa sedang pada filtrasi pemisahan antara partikel padat dan cair terjadi karena perbedaan ukuran partikel yang dilewatkan melalui medium berpori

B. Tujuan Praktikum
 Untuk mengetahui cara pemisahan antara dua komponen melaui sendimentasi, sentrifigasi dan filtrasi.
 Untuk menghitung kecepatan Sedimentasi dan sentrifigasi.

II. Tinjauan Pustaka

Pemisahan antara dua komponen yaitu antara cairan dengan cairan yang tidak saling melarutkan atau cairan dengan padatan yang terdispersi didalamnya dapat dilakukan dengan pengendapat atau sendimentasi tergantung pada pengaruh gravitasi terhadap kedua komponen tersebut. Akan tetapi sering kali pemisahan dengan cara tersebut memerlukan waktu yang lama, atau terjadi sangat lambat (Suharto, 1991).
Pemisahan mekanis merupakan suatu cara pemisahan antar dua komponen atau lebih yang dilakukan dengan cara mekanis. Dalam praktek pemisahan tersebut dapat dilakukan dengan sedimentasi (pengendapan), sentrifugasi dan filtrasi (penyaringan) dan lain sebagainya. Pada sedimentasi antar partikel dipisahkan berdasarkan densitas, melalui suatu medium alir. Pada sentrifugasi pemisahan antar partikel terjadi karena perbedaan massa partikel.Sedangkan pada filtrasi pemisahan antar partikel padat dan cair terjadi karena perbedaan ukuran partikel yang dilewatkan melalui medium berpori (Earle, 1969).
Proses pemisahan dapat diterangkan sebagai proses perpindahan massa. Proses pemisahan sendiri dapat diklasifikasikan menjadi proses pemisahan secara mekanis atau kimiawi. Pemilihan jenis proses yang digunakan kapanpun memungkinkan karena biaya operasinya mudah dari pemisahan secara kimiawi. Untuk campuran yang tidak dapat dipisahkan melalui pemisahan mekanis (Seperti pemisahan minyak bumi), Proses kimiawi harus dilakukan (Surakarta, 2003).
Pada sedimentasi antara partikel dipisahkan berdasarkan perbedaan densitas melalui suatu medium alat. Pada sentrifugasi pemisahan antara partikel padat dancair terjadi karena perbedaan ukuran partikel massa sedang pada filtrasi pemisahan antara partikel padat dan cair terjadi karena perbedaan ukuran partikel yang dilewatkan melalui medium berpori (Sayitro, 1989).

III. PROSEDUR PRAKTIKUM

A. Waktu dan Tempat
Hari/tanggal : Senin/1 Juni 2009
Tempat : Laboratorium Teknik Pasca Panen, Jurusan Teknik Pertanian
Fakultas Pertanian-Unsyiah

B. Alat dan Bahan

Alat Bahan
Gelas Ukur Santan
Pemusing
Diknometer
Timbangan Analitik

C. Cara Kerja
1. Sedimentasi.

Disiapkan sampel dan dilakukan penimbangan
Diaduk sampel sampai homogen
Dimasukkan kedalam gelas ukur
Diamati tinggi endapan setiap menitnya sampai ketinggian tidak bertambah lagi
Dibuat grafik hubungan tinggi endapan terhadap waktu
Dihitung kecepatan sedimentasi

2. Sentrifugasi

Disiapkan sampel, dilakukan penimbangan dan pengadukan
Dimasukkan kedalam gelas ukur/tabung
Dipasangkan pada alat pemusing
Dioperasikan alat pemusing dengan variasi waktu 5,7,9,11,13 dan 15 menit
Dibuat grafik hubungan tinggi endapan terhadap waktu
Dihitung kecepatan sedimentasi

IV. ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN

A. Data Hasil Pengamatan
Data hasil pengamatan pada percobaan ini terlampir pada lampiran.

B. Analisa Data
Bahan Tabung Waktu
(detik) Tinggi Endapan (meter) Z
Atas Tengah Bawah
S a n t a n Sentrifugasi 480 0,015 0,050 0,005 0,000125
960 0,015 0,055 0,001 0,0000718
1440 0,013 0,055 0,003 4,51
Sedimentasi 480 0,020 0,095 0,033 1,7083
960 0,045 0,011 0,001 1,604
1440 0,047 0,011 0,002 1,076

Rumus

1. Sentrifugasi

Z = 0,000125 = 2,604

Z = 0,0000718 = 7,479

Z = 4,51 = 0,00313

2. Sedimentasi

Z = 1,7083 = 0,0035

Z = 1,604 = 0,0016

Z = 1,076 = 7,472

C. Pembahasan

Pemisahan secara mekanis merupakan salah satu aplikasi teknologi pengolahan dalam industri. Pemisahan secara mekanis ini bisa dilakukan dengan cara sedimentasi, sentrifugasi, dan atau filtrasi, tergantung pada bahan yang akan dipisahkan.

Sentrifugasi merupakan pemisahan dengan cara diputar/dipusing dengan maksud memisahkan masa benda dengan berat jenis yang berbeda. Proses sentrifugasi ini biasanya ditemukan pada pembuatan tepung tapioka cara pabrik, dan pada pengolahan susu.

Sedimentasi adalah suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cekungan. Delta yang terdapat di mulut-mulut sungai adalah hasil dan proses pengendapan material-material yang diangkut oleh air sungai, sedangkan bukit pasir (sand dunes) yang terdapat di gurun dan di tepi pantai adalah pengendapan dari material-material yang diangkut oleh angin.

Filtrasi adalah pembersihan partikel padat dari suatu fluida dengan melewatkannya pada medium penyaringan, atau septum, yang di atasnya padatan akan terendapkan. Range filtrasi pada industri mulai dari penyaringan sederhana hingga pemisahan yang kompleks.

Homogen adalah istilah dalam proses pengolahan pengolahan air minum, hal itu terjadi pada proses koagulasi flokulasi. ketika terjadi proses mixing. Biasanya waktu proses mixing ini, ada penambahan alum atau bisa juga kapur sebagai koagulannya. ketika proses pencampuran itu bisa semurna maka itulah yang disebut dengan homogen.

V. PENUTUP

A. Kesimpulan
 Pemisahan secara mekanis ini bisa dilakukan dengan cara sedimentasi, sentrifugasi, dan atau filtrasi, tergantung pada bahan yang akan dipisahkan.
 Sentrifugasi merupakan pemisahan dengan cara diputar/dipusing dengan maksud memisahkan masa benda dengan berat jenis yang berbeda.
 Sedimentasi adalah suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cekungan.
 Filtrasi adalah pembersihan partikel padat dari suatu fluida dengan melewatkannya pada medium penyaringan, atau septum, yang di atasnya padatan akan terendapkan.
 Homogen adalah istilah dalam proses pengolahan pengolahan air minum, hal itu terjadi pada proses koagulasi flokulasi.

B. Saran
1. Diharapkan alat-alat dan bahan praktikum yang bersangkutan dapat lebih lengkap lagi untuk memaksimalkan kegiatan praktikm seperti yang tercantum di dalam penuntun praktikum.

DAFTAR PUSTAKA

Earle, R.L., 1969. Satuan Operasi dalam Pengolahan Pangan. IPB Bogor.

Sayitro, dkk, 1989. Rekayasa Pangan. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Suharto, 1991. Teknologi Pengawetan Pangan. Rineka Cipta, Jakarta.

Surakarta, 2003. Teknologi Pengawetan Pangan. Rineka Cipta, Jakarta.

Comments