Pembangunan




Pencapaian masyarakat sejahtera adil dan makmur merupakan tujuan akhir dari pembangunan nasional kegiatan pembangunan nasional adalah merupakan suatu usaha yang tidak ada henti-hentinya mulai pentahapan yang terencana dan terpadu  sebagai suatu rangkaian yang berdasar pada kerangka pembangunan jangka panjang yang terbagi dalam tahapan tahapan.

Untuk mengetahui pengertian dasar pembangunan maka penulis akan menguraikan secara singkat dan jelas pengertian pembangunan dari para ahli antara lain :

Tjokroamidjoyo (1982:12), berpendapat bahwa pembangunan merupakan suatu proses pembaharuan yang continue dan terus menerus dari suatu keadaan tertentu kepada suatu keadaan yang lebih baik.

Sondang P. Diagian (1981:3), berpendapat bahwa pembangunan adalah suatu usaha rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dilakukan, sedangkan kata pembangunan dapat disingkronisasikan sebagai suatu kegiatan secara sadar oleh suatu bangsa, Negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa.

Pencapaian masyarakat sejahtera adil dan makmur merupakan tujuan akhir dari pembangunan nasional. Kegiatan pembangunan nasional adalah merupakan suatu usaha yang tidak ada henti-hentinya mulai pertahapan terencana dan terpadu sebagai suatu rangkaian yang berdasarkan pada kerangka pembangunan jangka panjang yang terbagi dalam tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. Pembangunan adalah memperhatikan dan mengusahakan tumbuhnya kemampuan masyarakat untuk mengadakan perubahan.
  2. Pembangunan berarti mengusahakan adanya kemerataan dan kebersamaan.
  3. Pembangunan berarti pemberian hak, kewenangan atau kekuatan untuk mengontrol masa depan kepada masyarakat.
  4. Setiap Masyarakat merupakan komponan system yang lebih besar, setiap masyarakat perlu bekerja satu sama lain agar masing-masing mampu berkembang secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *