Metode Bermain Anak di Taman Kanak-Kanak | Bermain merupakan salah satu aktifitas yang sangat disenangi oleh anak. Karena dengan bermain anak mampu mengekspresikan perasaannya dan anak lebih enjoy untuk melakukannya. Dalam buku Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak disebutkan bahwa bermain merupakan kebutuhan esensial bagi anak.

Melalui bermain anak dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan perkembangan dimensi motorik (kognitif, kreatifitas, bahasa, emosi, sosial) nilai dan sikap hidup. Melalui kegiatan bermain anak dapat berlatih menggunakan kemampuan kognitifnya untuk memecahkan berbagai masalah seperti kegiatan mengukur isi, mengukur berat, membandingkan, mencari jawaban yang berbeda dan sebagainya.

alam kegiatan bermain anak lebih bebas untuk melakukan sesuatu kegiatan yang disenangi, mencoba sesuatu atau bereksperimen dengan berbagai bahan dan alat, berimajinasi, memecahkan masalah, bercakap-cakap secara bebas berperan dalam kelompok, bekerjasama dan memperoleh pengalaman yang menyenangkan.

Fungsi dari kegiatan bermain adalah untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak melalui penemuan-penemuan yang tidak disengaja. Kegiatan bermain dalam proses kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di dalam ruang dan di luar ruang yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *