New-Picture-25282-2529
Defenisi : Sebuah pahat pemotong yang ujungnya berputar dan memiliki satu atau beberapa tepi potong dan galur yang berhubungan-continue disepanjang badan gurdi.
Mesin gurdi termasuk salah satu mesin yang sangat sederhana dalam operasinya, akurat dan banyak digunakan dalam bengkel-bengkel dan pabrik. Mesin gurdi selain melakukan proses drilling juga dapat melakukan proses boring (memperbesar lubang), reaming (mendapatkan lubang yang lebih tepat ukurannya dan mendapatkan permukaan lubang yang sangat halus), counter boring, counter sinking, spot facing dan tapping (memberi lubang ulir)
Klasifikasi mesin gurdi :
  1. Portable drilling machine
Ukuran kecil, mudah dipindah-pindahkan dan merupakan model dari gurdi tangan dengan motor listrik.
  1. Sensitive or bench drilling machine
Mesin untuk tugas ringan, memiliki variasi putaran 800-9000 rpm. Gerak makan (feeding) dilakukan dengan tangan.
  1. Up-right drilling machine
Hampir sama dengan sensitive or bench, hanya saja Up-right drilling memiliki mekanisme penggerak feeding dan dirancang melakukan pekerjaan yang lebih berat. Variasi putaran spindel dari 75-3500 rpm.
  1. Radial drilling machine
Mempunyai satu poros spindel dan dapat mengerjakan benda kerja dala ukuran besar. Putaran spindel berkisar antara 20-1600 rpm dan feeding berkisar antara 0.075-3.125 mm perputaran dengan kapasitas drill mencapai 60 mm diameter.
  1. Gang drilling machine
Memiliki multi spindel yang terletak pada satu baris. Sangat sesuai untuk pengerjaan secara berurutan pekerjaan seperti drilling, counter boring atau menggurdi beberapa lubang yang berbeda ukurn diameternya.
  1. Multi spindle drilling machine
Sangat sesuai untuk membuat lubang paralel. Memiliki 50 poros spindel, digerakkan oleh powerhead tunggal dengan gerak makan dilakukan serempak pada benda kerja.
  1. Deep-hole drilling machine

Khusus untuk penggurdian lubang-lubang dalam. Mempunyai kecepatan potong tinggi dengan gerak makan yang sangat kecil.


MESIN PENGGURDI