Pengertian Menulis | Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang diakui oleh umum dan merupakan keterampilan yang dapat membantu seseorang untuk dapat mengembangkan ide atau tujuan yang diinginkan. Sebagai mana keterampilan berbicara, menulis merupakan keterampilan yang produktif dan ekspresif.




Akhadiah, dkk (1997:1.3) menyatakan bahwa menulis adalah kegiatan penyampaian pesan dengan menggunakan tulisan sebagai mediumnya. Pesan adalah isi atau muatan yang terkandung dalam suatu tulisan. Adapun tulisan merupakan sebuah sistem komunikasi antar manusia yang menggunakan simbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakaiannya.

Sedangkan menurut Tarigan (2008:22), menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang  grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu.

Mengombinasikan dan menganalisis setiap unsur kebahasaan dalam sebuah karangan merupakan suatu keharusan bagi penulis. Dari sinilah akan terlihat sejauh mana pengetahuan yang dimiliki penulis dalam menciptakan sebuah karangan yang efektif. Kosakata dan kalimat yang digunakan dalam kegiatan menulis harus jelas agar mudah dipahami oleh pembaca. Di samping itu, jalan pikiran dan perasaan penulis sangat menentukan arah penulisan sebuah karya tulis atau karangan yang berkualitas. Dengan kata lain hasil sebuah karangan yang berkualitas umumnya ditunjang oleh keterampilan kebahasaan yang dimiliki seorang penulis. (Sukarto, 2010:3)

Berdasarkan konsep di atas, dapat dikatakan bahwa menulis merupakan komunikasi tidak langsung yang berupa pemindahan pikiran atau perasaan dengan memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosakata dengan menggunakan simbol-simbol sehingga dapat dibaca seperti apa yang diwakili oleh simbol tersebut..

Kemampuan menulis bukan merupakan kemampuan yang dapat diwariskan tetapi hasil proses belajar dan berlatih. Oleh karena itu, keadaan dan kualitas kemampuan menulis setiap orang tidak sama.

Sukarto. 2010. Konsep Menulis dan Pembelajaran Menulis. Tulisan. http : // suksesbersamaSukarto. Blogspot. Com. ( 26 Oktober 2011 ).

Akhadih, Sabarti, dkk. 1997. Menulis 1. Jakarta : Departement Pendididkan dan Kebuyaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *