Jasa transportasi menciptakan guna tempat dan guna waktu. Guna yang diciptakan jasa transportasi merupakan manfaat dalam bidang ekonomi, sosial dan politik/ strategis. Manfaat Jasa transportasi dirasakan dalam lingkup lokal, regional, nasional dan international. Lingkupnya sangat luas, bersifat multi sektoral, dan multi disiplin. Bersifat multi sektoral berarti sektor transportasi terkait dengan sektor-sektor lain, yang ditunjukkan bahwa fungsi transportasi adalah menunjang pengembangan kegiatan sektor-sektor lain (seperti sektor perdagangan, industri, pendidikan, kesehatan, pariwisata, transmigrasi, dan lainnya. Bersifat multi disiplin, artinya disiplin transportasi terkait dengan disiplin-disiplin lain (misalnya disiplin pengembangan wilayah, disiplin pembangunan pedesaan, pembangunan perkotaan, dan lainnya).
Selanjutnya, manfaat Jasa transportasi dijelaskan berikut ini (L. A. Schumer, 1968):
1. Manfaat Ekonomi Jasa Transportasi.
Tersedianya Jasa transportasi yang cukup (berkapasitas) mem-berikan manfaat ekonomi, misalnya: (a) akan memperluas pasar, dengan tersedianya jaringan transportasi yang luas maka pengiriman barang ke berbagai pasar yang jauh letaknya dapat dilaksanakan secara lancar; (b) dapat menstabilkan harga barang, dengan tersedianya fasilitas transportasi yang lancar maka kekurangan barang di suatu daerah dapat didatangkan barang yang dibutuhkan dari daerah lain yang kelebihan barang tersebut, sehingga tingkat harga di kedua daerah menjadi berkeseimbangan atau harga menjadi stabil; (c) tersedianya pelayanan transportasi yang lancar, akan mendorong daerah-daerah untuk melakukan spesialisasi produksi sesuai dengan potensi sumberdaya yang dimilikinya.
2. Manfaat Sosial Jasa Transportasi
Tersedianya pelayanan transportasi yang cukup dan lancar memberikan manfaat sosial, di antaranya adalah: (a) memberikan pelayanan pendidikan dan pelayanan kesehatan ke berbagai daerah yang tersebar karena sudah tersedianya jaringan jalan yang merata di daerah-daerah pedesaan; (b) dapat mempererat persaudaraan dan hubungan sosial kemasyarakatan antar daerah melalui pekan olah raga, pekan kesenian dan budaya, dan pertemuan ilmiyah lainnya; dan (c) dapat membantu daerah-daerah yang mengalami bencana alam dan menderita wabah penyakit (melalui transportasi udara) meskipun daerah-daerah tersebut sukar dijangkau melalui transportasi darat (menggunakan helikopter).
3. Manfaat PoIitik/Strategis Jasa Transportasi
Terwujudnya sistem transportasi nasional yang efektif dan efisien merupakan fasilitas yang handal, untuk: (a) membasmi segaila bentuk gejolak dan gangguan keamanan yang timbul di dalam rtegeri; dan (b) menangkal segala bentuk infiltrasi dan gangguan keamanan yang berasal dari luar negeri.
—– Semoga Bermanfaat Untuk Pelajar Indonesia —– 
Sumber Buku
Adisasmita, Sakti Adji “Transportasi dan Pengembangan Wilayah” Graha Ilmu Yogyakarta  2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *