Pengertian Asuransi
Didalam pasal 246 Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) disebut bahwa, “Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penangung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu Premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapakan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tak tertentu.”

Jenis-jenis Asuransi

Berdasarkan pasal 247 KUHD menyebutkan tentang lima macam asuransi ialah:

  1. Asuransi terhadap kebakaran
  2. Asuransi terhadap bahaya hasil-hasil pertanian
  3. Asuransi terhadap kematian orang ( Asuransi jiwa )
  4. Asuransi terhadap bahaya dilaut dan perbudakan
  5. Asuransi terhadap bahaya dalam pengangkutan didarat dan disungai-sungai

Secara garis besar asuransi terdiri dari tiga kategori, yaitu:

  1. Asuransi Kerugian

Terdiri dari asuransi untuk harta benda (property, kendaraan), kepentingan keungan(pecuniary), tanggung jawab hokum (liability), dan asuransi diri (kecelakaan atau kesehatan)

  1. Asuransi Jiwa

Pada hakikatnya merupakan suatu bentuk kerjasama antara orang-orang yang menghindarkan atau minimal mengurangi resiko yang diakibatkan oleh resiko kematian(yang pasti terjadi tetapi tidak pasti kapan terjadinya), resiko hari tua (yang pasti terjadi dan dapat diperkirakan kapan terjadinya, tetapi tidak pasti berapa lama) dan resiko kecelakaan (yang tidak pasti terjadi, tetpi tidak mustahil terjadi).

  1. Asuransi Sosial

Adalah program asuransi wajib yang diselenggarakan oleh pemerintah berdasarkan undang-undang. Maksud dan tujuan asuransi social adalah menyediakan jaminan dasar bagi masyrakat dan tidak bertujuan untuk mendapat keuntungan komersial.

Berikut kami berikan contoh Makalah Tentang Asuransi dalam bentuk format word ( docx ).  Contoh artikel Makalah Tentang Asuransi bisa anda download secara gratis pada link dibawah yang telah disediakan. Sebelum mendownload Makalah Tentang Asuransi anda bisa membaca sekilas.

Makalah Makalah Tentang Asuransi bukan hasil tulisan team Karya Tulis Ilmiah. Makalah Tentang Asuransi merupakan konten tulisan yang didapatkan di internet dan di bagikan ulang oleh team KTI, kami menyatakan bahwa Makalah Tentang Asuransi bukalah hasil tulisan kami.

Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan Makalah Tentang Asuransi  sebagai bahan referensi anda dalam menyusun Skripsi, Karya Tulis Ilmiah, Tugas Akhir Kampus / TA, Makalah, Artikel, dll dan jangan lupa anda doakan dan ucapkan terimakasih untuk penulis Makalah Tentang Asuransi.

Judul : Makalah Tentang Asuransi

Ukuran: Kb

Format : Docx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *