MAKALAH PENGERTIAN DAN MACAM TUMPUAN KONSTRUKSI

Di susun oleh :
GIFEN ANDI BASKORO (C.131.14.0015)

Yayasan Alumni Universitas Diponegoro Semarang
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK SIPIL
UNIVERSITAS SEMARANG
2014
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat, hidayah dan bimbingan-Nya sehingga tugas penelitian dan pembuatan makalah dengan materi tentang gaya dan macam-macam perletakan pada konstruksi yang kami beri judul “PENGERTIAN DAN MACAM TUMPUAN KONSTRUKSI” ini dapat tersusun dengan baik. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perletakan dalam konstruksi. Disamping itu segala pembelajaran yang kami sampaikan hendaknya memberikan manfaat kepada pembaca.
Atas terselesainya tugas makalah ini, tidak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini. Dukungan dan semangat yang diberikan oleh keluarga, saudara, teman-teman, dan pembimbing sangat memberikan motivasi yang besar bagi kami.
Kami menyadari bahwa penyusunan tugas makalah ini masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak yang ingin memberikan saran baiknya demi perkembangan yang positif bagi kami. Sehingga dalam pembuatan tugas tertulis selanjutnya dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas lebih kedepannya.
Demikian tugas makalah ini telah tersusun. Semoga memberikan manfaat yang baik dan dapat memperkaya ilmu pengetahuan para pembaca. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penyusunan kata dalam penulisan ini. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.

Semarang, 11 Desember 2014

Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………………………. 1
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………………… 2
PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………………………… 3
1. GAYA……………………………………………………………………………………………………….. 3
2. PERLETAKAN………………………………………………………………………………………….. 4
A.Tumpuan Sendi …………………………………………………………………………….. 4
B.Tumpuan Rol ……………………………………………………………………………….. 5
C.Tumpuan Jepit ……………………………………………………………………………… 6
D.Tumpuan Pendel …………………………………………………………………………… 6
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………………………. 7

PEMBAHASAN
1. GAYA

Gaya dalam mekanika teknik diartikan sebagai beban yang bekerja pada suatu konstruksi. Gaya merupakan besaran vektor, yaitu suatu besaran yang mempunyai nilai dan arah serta titik tangkap.

Jenis gaya terbagi :
1. Gaya terpusat
2. Gaya terbagi
 Terbagi rata
 Teratur
 Tidak teratur
3. Gaya momen
 Momen lentur
 Momen puntir

2. PERLETAKAN

Dalam mekanika teknik perletakan ada empat macam, yaitu :
A. Tumpuan Sendi
Tumpuan sendi sring disebut dengan engsel karena cara bekerja mirip dengan cara engsel. tumpuan sendi mampu memberikan reaksi arah vertikal dan horizontal, artinya tumpuan sendi dapat menahan gaya vertikal dan horizontal atau dengan kata lain terdapat 2 buah variabel yang akan diselesaikan (Rv dan Rh). Tumpuan sendi ini tidak dapat menahan momen.
Sendi diberi tanda :
Sifat dari sendi :
Dapat menahan gaya vertikal dan gaya horizontal tetapi tidak dapat menahan momen (rotasi)

B. Tumpuan Rol
Tumpuan rol adalah tumpuan yang dapat bergeser ke arah horizontal sehingga tumpuan ini tidak dapat menhan gaya horizontal. Pada tumpuan terdapat roda yang dapat bergeser dimana berfungsi untuk mengakomodasi pemuaian pada konstruksi sehingga konstruksi tidak rusak. Tumpuan rol hanya mampu memberikan reaksi arah vertikal, artinya tumpuan hanya dapat menahan gaya vertikalnya saja, sehingga hanya terdapat 1 buah variabel yang akan diselesaikan (Rv saja).
Roll diberi tanda :
Sifat dari roll :
Dapat menahan gaya vertikal (tegak lurus roll), tetapi tidak dapat menahan gaya horizontal (sejajar bidang roll) serta tidak dapat menahan momen (rotasi).

C. Tumpuan Jepit
Tumpuan jepit bisa dikonstruksikan seperti misalnya balok yang ditanam dalam tembokkan atau sebagai tumpuan pada balok terusan (jepitan elastis).
Tumpuan jepit dapat memberikan reaksi atau tahan terhadap gaya horizontal, vertikal dan bahkan mampu memberikan reaksi terhadap putaran momen. sehingga pada tumpuan jepit terdapat 3 buah variabel yang harus diselesaikan (Rv, Rh, dan M).
Keterangan:
Ax=Rh=Gaya Horizontal
Ay=Rv=Gaya Vertikal
Ma=M=Momen
Rigid Body= Batang kaku
Fixed Support=Tumpuan jepit
Roller support=Tumpuan rol
Pin support=Tumpuan Sendi
Jepit diberi tanda :
Sifat dari jepit :
Dapat menahan gaya vertikal, gaya horizontal dan momen (rotasi)

D. Tumpuan Pendel
Pendel diberi tanda :
Sifat dari pendel :
Hanya dapat menahan gaya searah dengan roll.
Daftar Pustaka

• http://belajarilmubangunan.blogspot.com/2013/12/pengertian-dan-macam-tumpuan.html
• https://www.google.com/webhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#
• https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAYQjB0&url=https%3A%2F%2Fkaretkonstruksi.wordpress.com%2Ftag%2Felastomeric-bearing-pad%2F&ei=_YyVVMNChI64BMHAgOgJ&bvm=bv.82001339,d.c2E&psig=AFQjCNGscTHJv2XY5C5jCK27UC9Lg9j4Eg&ust=1419173473905725

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *