MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN

DISUSUN OLEH
KELOMPOK 8

NAMA : Agung Yuwono
M.Adi.Renaldi
Idil akbar
Dwiky Arie Yolanda
M.Kharis Suhud

JURUSAN : MANAJEMEN
PRODI : MANAJEMEN (S1)
DOSEN PENGASUH : HJ.Nofiawaty,SE,MM

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2015

STRATEGI PRODUK DAN JASA

A. PRODUK DAN JASA
Produk(product)adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian,dibeli,digunakan,atau,dikonsumsi,yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Jasa(services)adalah segala aktivitas atau manfaat yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud, dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun.
B. KELANGSUNGAN PRODUK DAN JASA
Penawaran perusahaan kepasar seringkali mencakup baik itu barang berwujud maupun jasa.Setiap komponen dapat merupakan bagian yang kurang penting atau utama dari total penawaran .
Contohnya ,barang yang ditawarkan perusahaan kepasar seringkali mungkin terjadi barang yang berwujud yang menyertakan jasa.Misalnya Ford menawarkan lebih dari sekedar dari produk mobil .Tapi perusahaan ini juga memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan ,garansi penuh,ruang pameran,ruang tunggu,serta data pendukung yang lain.Penawaran hybrid terdiri dari proporsi barang dan jasa yang sama .Misalnya orang mengunjungi restoran baik untuk mencicipi barang yang berupa makanan maupun jasa mereka.Jasa yang menyertakan barang minor terdiri atas jasa utama beserta barang pendukung .Misalnya ,penumpang penerbangan Amerika secara primer membeli jasa pengangkutan tetapi jasa perjalanan itu juga mencakup beberapa barang berwujud seperti makanan ,minuman ,dan majalah penerbangan.
C. TINGKAT PRODUK
Perencanaan produk perlu memikirkan produk dan jasa atas tiga tingkatan .Tingkatan yang paling dasar adalah produk inti (core product) yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan :apa yang sebenarnya dibeli oleh pembeli ?Jadi dalam merancang produk ,pemaar mula-mula harus mendefinisikan manfaat inti yang akan yang disediakan produk kekonsumen.
Selanjutnya perencana produk harus menciptakan produk actual (actual product) disekitar produk inti.Produk actual mungkin mempunyai lima karakteristik:tingkat,kualitas,fitur,rancangan nama merk ,dan kemasan .
Akhirnya ,perencanaan produk harus mewujudkan produk tambahan disekitar produk inti dan produk actual dengan menawarkan jasa dan manfaat tambahan bagi konsumen.

D. KLASIFIKASI PRODUK
Produk dan jasa dibagi menjadi dua kelas besar menurut jenis konsumen yang menggunakannya­produk konsumen(consumer products)dan produk industry(industrial produks).Dalam defenisi secara luas,produk juga meliputi entitas yang dapat dipasarkan seperti organisasi ,orang distribusi ,serta ide.
• Produk Konsumen
Produk konsumen adalah produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumsi pribadi .Pemasar biasanya mengklasifikasikan barang –barang ini menurut cara membeli konsumen Produk konsumen meliputi produk sehari-hari (convenience product),produk shopping (shopping product),produk special(specialty product ),serta produk yang tidak dicari (unsoughtproduct).
Produk sehari-hari adalah produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalammembandingkan dan membeli .
Produk shopping (shopping product)adalah Produk konsumen ,dimana dalam proses pemilihan dan pembeliaannya ,konsumen melakukan pembandingan karakteristik seperti kecocokan ,kualitas,harga,dan gaya.Contohnya mebel ,pakaian, mobil bekas,peralatan rumah tangga utama,serta jasa hotel dan motel.
Produk special (speciality product)adalah produk konsumen dengan karakteristik unik atau identifikasi merek yang dicari oleh kelompok pembeli tertentu ,sehingga mereka mau mengeluarkan usaha khusus untuk memperolehnya.
Produk yang tidak dicari (unsought product)adalah produk konsumen dimana keberadaannya tidak diketahui atau jika diketahui oleh konsumen pun ,tidak terpikir oleh mereka untuk membelinya.Contoh klasik dari produk dan jasa yang diketahui tetapi tidak dicari adalah asuransi jiwa dan donor darah untuk Palang Merah.
• Produk Industri
Produk industry (industrial product)adalah produk yang dibeli untuk pemrosesan lebih lanjut atau penggunaan yang terkait dengan bisnis.Jadi ,perbedaan antara produk konsumen dan produk konsumen dan produk industry didasarkan pada tujuan dibelinya produk itu.
• Jasa Bisnis:
Service Master menyediakan pelayanan bisnis untuk beraneka macam organisasi .Iklan yang diperuntukkan bagi sekolah dan perguruan tinggi ini menyediakan jasa mulai dari jasa penitipan barang,tanah,teknologi,serta manajemen energy sampai jasa pemeliharaan dan makanan.
Barang modal adalah produk industry yang membantu produksi atau operasi ,termasuk pemasangan dan peralatan tambahan.
Kelompok terakhir produk bisnis adalah perlengkapan dan jasa.Perlengkapan meliputi perlengkapan operasi(minyakbumi,batu-bara,kertas,pensil),alat-alat perbaikan dan pemeliharaan (membersihkan jendela,memperbaiki computer)serta jasa konsultasi bisnis,konsultasi manajemen,iklan.
E. ORGANISASI ,ORANG,TEMPAT,DAN IDE
Pemasaran organisasi terdiri atas aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan, memelihara atau mengubah perilaku dan sikap konsumen sasaran terhadap organisasi.
Mengiklankan citra perusahaan adalah alat utama yang digunakan perusahaan untuk memasarkan diri mereka kepada masyarakat yang beraneka ragam.Pemasaran pribadi (person marketing)terdiri atas aktivitas yang diambil untuk menciptakan ,memelihara,atau mengubah sikap atau perilaku terhadap orang tertentu.Misalnya pemasaran lokasi bisnis dan pemasaran lokasi wisata .Pemasaraan lokasi bisnis mencakup mengembangkan ,menjual atau menyewakan lokasi bisnis untuk pabrik ,toko ,kantor,gudang dan tempat pertemuan.
• Pemasaran sosial (social marketing)
Adalah rancangan ,implementasi ,dan pengendalian dari pencarian program untuk meningkatkan penerimaan sosial tentang ide ,penyebab ,atau tindakan sosial diantara kelompok sasaran.
F. KEPUTUSAN PRODUK INDIVIDU

 ATRIBUT PRODUK
Pengembangan suatu produk atau jasa melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan .manfaat ini dikomunikasikan dan diserahkan dan atribut produk seperti kualitas ,fitur(features),dan rancangan.
• Kualitas Produk (product Quality)
Kualitas adalah salah satu alat utama untuk positioning menetapkan posisi bagi pemasar .Kualitas produk(product quality) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya,meliputi daya tahan ,keandalan ,ketetapan,kemudahan operasi dan perbaikan ,serta atribut bernilai lainnya.Kualitas produk mempunyai dua dimensi yaitu tingkat dan konsistensi.
• Fitur (features)Produk
Sebuah produk dapat ditawarkan dengan beraneka macam fitur.Sebuah model”Polos”,yaitu produk tanpa tambahan apapun,adalah titik awal.Fitur adalah alat bersaing untuk membedakan produk perusahaan dari produk pesaing.Menjadi produsen utama yang memperkenalkan fitur baru yang dibutuhkan dan bernilai dalah salah satu cara bersaing yang paling efektif.Fitur-fitur yang nilainya rendah bagi pelanggan dalam kaitannya dengan biaya yang harus dikurangi ,fitur-fitur yang nilainya tinggi bagi pelanggan harus ditambah.
 RANCANGAN PRODUK
Cara lain untuk menambah nilai pelanggan adalah melalui rancangan produk yang berbeda dari yang lain.
Rangcangan adalah konsep yang lebih luas dibandingkan gaya.Gaya hanya menguraikan penampilan produk.Gaya yang sensasional bias menarik perhatian,tetapi tidak begitu saja membuat produk itu melakukan kinerja yang lebih baik .
 PEMBERIAN MEREK (BRANDING)
Merek(brand)Merupakan nama,istilah ,tanda,symbol atau rancangan ,atau kombinasi dari semua ini yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari satu atau kelompok dan menjual dan membedakannya dari produk pesaing.
Ekuitas merek(brand equity)merupakan nilai dari suatu merek,menurut sejauh mana merek itu mempunyai loyalitas merek yang tinggi, kesadaran nama,kualitas yang diterima,asosiasi merek yang kuat,serta asset lain seperti paten,merek dagang,dan hubungan saluran.
Pemilihan nama merek kualitas yang diinginkan untuk sebuah nama merek meliputi hal-hal srbagai berikut:
• Nama merek harus menyampaikan sesuatu mengenai manfaat dan kualitas produk.
• Nama merek harus mudah diucapkan,dikenal, dan diingat.
• Nama merek harus lain dari yang lain.
• Nama merek harus bisa diterjemahkan secara mudah kedalam bahasa asing.
• Nama merek harus terdaftar dan memiliki perlindungan hukum.
Sponsor merek ( brand sponsor) sebuah pabrik memiliki empat pilihan sponsor yaitu
1. Merek pabrik ( merek nasional )
2. Merek pribadi ( disebut juga merek toko atau merek distributor)
3. Menggabungkan merek
Merek pribadi atan merek toko (pripate brand or store brand) merupakan merek yang diciptakan dan dimiliki oleh pedagang dari suatu produk atau jasa.Penggabungan merek (co-branding) merupakan tindakan menggunakan nama merek terkenal dari dua perusahaan yang berbeda atas produk yang sama.
• Strategi merek perusahaan biasamemperkenalkan perluasan lini (nama merek yang ada diperluas kedalam bentuk, ukuran, dan rasa baru dari kategori produk yang sudah ada),perluasan merek (nama merek yang sudah ada dipeluas kategori produk baru),multimerek (nama merek baru diperkenalkan dalan kategori produk yang sama),atau merek baru (nama merek baru dalam ketegori produk baru).
• Perluasan lini(line extension) menggunakan nama merek sukses untuk memperkenalkan tambahan jenis barang dalam kategori produk tertentu dengan menggunakan nama merek yang sama,seperti aroma,bentuk,warna,bahan tambahan,atau ukuran kemasan baru.
• Perluasan merek (brand extension) menggunakan nama merek sukses untuk meluncurkan produ baru atau modifikasi dalam kategori baru.
 Pengemasan (packaging) merupakan kegiatan merancang dan membuat wadah atau pembungkus suatu produk
 Pemberian label (labeling) Pembelian label dipengaruhi oleh penetapan harga unit/unit pricing (menyatakan harga perunit dari ukuran standar), tanggal kadaluarsa atau opendating (menyatakan berapa lama produk dikomsumsi), label keterangan gizi/nutritional labeling( menyatakan nilai gizi dalam produk)

 JASA PENDUKUNG PRODUK
Pelayanan pelanggan (customer service) adalah elemen lain dari strategi produk.
 KEPUTUSAN LINI PRODUK
Lini produk(product line)merupakan kelompok produk yang berkaitan erat karena fungsinya yang sama, dijual pada kelompok pelanggan yang sama, dipasarkan melalui jenis toko yang sama, atau dipasang pada kisaran harga tertentu.
 KEPUTUSAN BAURAN PRODUK
Bauran produk ( product mics) terdiri dari rangkaian dari semua lini produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu. Misalnya,kosmetik perona mata, bedak dll.

G. PEMASARAN JASA
Industri jasa ini sangat beragam karena pemerintah menawarkan jasa melalui pengadilan,jasa tenaga kerja,rumah sakit,lembaga peminjaman,dll. Organisasi nirlaba swasta menawarkan jasa lewat museum, yayasan sosial,gerja,perguruan tinggi,dll.
Sifat dan karakteristik jasa peruasahaan harus mempertimbangkan empat karakteristik jasa tertentu, ketika merancang program pemasaran : ketiadak berwujudan (intangibility), ketidakterpisahan(inseparability),keragaman(service varability),tidak tahan lama(perishability).
H. STRATEGI PEMASARAN UNTUK PERUSAHAAN JASA
Perusahaan yang baik menggunakan pemasaran diri mereka untuk memposisikan diri mereka secara kuat dipasar sasaran terpilih.
Rantai jasa laba(service/profit chain)merupakan rantai yang menghubungkan laba perusahaan jasa dengan kepuasan karyawan dan pelanggan. Rantai ini terdiri dari lima mata rantai:
 Kualitas jasa internal
 Karyawan jasa ynag ouas dan produktif
 Nilai jasa yang lebih besar
 Pelanggan yang puas dan setia
 Laba serta pertumbuhan jasa yang sehat
Pemasaran internal (internal marketing) merupakan pemasaran yang dilakukan perusahaan jasa untuk melatih damn memitivasi karyawan secara efektif.
Pemasaran interaktif (interactive marketing) merupakan pemasaran yang dilakukan diperusahaan jasa yang mengakui bahwa nilai kualitas jasa sangat tergantung pada kualitas interaksi pembeli /penjual.
Mengelola diferensiasi jasa solusi untuk persaingan harga, adalah pengembangan penawaran, penyampain,serta citra yang berbeda.
Mengelola kualitas pelayanan/jasasalah satu cara utama yang dipaki oleh perusahaan jasa dalam membedakan dirinya sendiri adalah dengan menyampaikan kualitas yang lebih tinggi secara konsisten ketimbang yang dilakukan pesaing.
Mengelolah produktifitas jasa untuk membedakan pelayanannya, british airways menawarkan kepada penumpang internasional fasilitas seperti kamar tidur dan mandi air panas. Seperti komentar yang ditunjukkan dalan iklan ini, pelanggan betul-betul menghargai pelayanan semacam ini.

I. PEMASARAN PRODUK JASA INTERNAL
Pemasara prroduk dan jasa internasioanal menghadapi berbagai tantangan khusus pertama, mereka harus memikirkan produk dan jasa apa yang diperkenalkan serta dinegara mana. Kemudian, mereka harus memutuskan seberapa besar standardisasi dan prnyesuaian itu dilakukan pada produk dan jasanya untuk pasara dunia.

Daftar Pustaka

https://mardajie.wordpress.com/2015/13/9/manajemen-pemasaran/manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *