Makalah Arti Penting Sistem Pencernaan Pada Ternak Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong

Salah satu cara untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kecerdasan suatu masyarakat adalah dengan cara meningkatkan konsumsi protein hewani yang telah diketahui adanya kandungan asam amino essensial. Dalam pemenuhan gizi dalam tingkat peningkatan kesehatan dan kecerdasan maka ternak dapat menjadi salah satu sumber protein hewani tersebut, karena ternak dapat mengolah bahan pertanian yang tidak digunakan dapat menjadi hasil yang lebih bermanfaat yaitu susu dan daging.

Sistem Pencernaan Sapi

Sapi merupakan ruminansia yang memiliki empat kompartemen perut yaitu rumen, reticulum, omasum, dan abomasum. Keempat lambung tersebut terletak di depan usus halus. Retikulum dan rumen secara bersama-sama sering disebut sebagai retikulo-rumen dan bersama-sama dengan omasum ketiganya disebut dengan perut depan (fore stomatch). Abamosam dikenal sebagai lambung sejati karena baik anatomis maupun fisiologisnya sama dengan lambung non ruminansia. Pada saat pedet lahir volume retikulo-rumen hanya 30% dari kapasitas total perut dan rumennya masih belum berfungsi (Rianto, 2011).

Saat sapi menyusu pada induknya, susu akan mengalir dari mulut langsung menuju omasum, tanpa melewati rumen. Susu akan melewati sebuah saluran yang disebut dengan esophageal groove. Pada sapi dewasa, volume rumen mencapai 81%, reticulum 3%, omasum 7%, dan abomasum 9% dari volume total perut (Rianto, 2011).

Berikut kami berikan contoh Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong dalam bentuk format word ( docx ).  Contoh artikel Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong bisa anda download secara gratis pada link dibawah yang telah disediakan. Sebelum mendownload Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong anda bisa membaca sekilas.

Makalah Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong bukan hasil tulisan team Karya Tulis Ilmiah. Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong merupakan konten tulisan yang didapatkan di internet dan di bagikan ulang oleh team KTI, kami menyatakan bahwa Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong bukalah hasil tulisan kami.

Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong  sebagai bahan referensi anda dalam menyusun Skripsi, Karya Tulis Ilmiah, Tugas Akhir Kampus / TA, Makalah, Artikel, dll dan jangan lupa anda doakan dan ucapkan terimakasih untuk penulis Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong.

Judul : Sistem Pencernaan Pada Sapi Potong | Ukuran: Kb | Format : Docx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *