Rapat dapat dibedakan menjadi beberapa macam, tergantung pada segi peninjauanya
a.  Dilihat dari  tujuan diadakan meeting , meeting dapat dibagi 2:
1)      Rapat informative atau penjelasan (information meeting)
Rapat informative adalah rapat yang dilakukan dengan tujuan memberikan informasi kepada peserta rapat. Jenis rapat ini banyak di lakukan untuk menjelaskan kebijaksanaan pimpinan, pembenan informasi mengenai peraturan baru dan sejenisnya. Dalam rapat jenis ini ada pihak dalam posisi superior sementara pihak lain nya inferior.
2)      Rapat pemecahan masalah (problem solving meeting)
Rapat pemecahan masalah adalah rapat yang di adakan untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi. Masalah perlu di pecahkan bersama dengan alasan masalah tersebut terlalu berat sehingga memerlukan pendapat pihak lain, atau memang memerlukan koordinasi dengan pihak lain, sehingga mau tidak mau harus di rapatkan.di lihat dari definisi ini jenis rapat tersebut ,jenis rapat ini dapat dilakukan antar atasan bawahan atau pegawai dalam tingkat yang sejajar.
3)      Rapat perundingan (negotiation meeting)
        Rapat perundingan adalah rapat yang dilakukan dua pihak atau lebih dengan tujuan untuk memecahkan masalah bersama. Rapat ini dapat dilakukan antara pribadi dengan pribadi, pribadi dengan kelompok,atau kelompok dengan kelompok.

a.      Di lihat dari sifatnya rapat dapat dibagi:
1)      Rapat formal
Rapat formal atau rapat resmi adalah rapat yang di adakan untuk acara-acara resmi. Rapat ini banyak di lakukan untuk membicarakan masalah kedinasan dan ketatanegaraan. Rapat ini direncanakan dan dilaksanakan dengan aturan-aturan yang telah di sepakati oleh suatu lembaga.
2)      Rapat informal
Rapat informal atau rapat tidak resmi adalah rapat yang diadakan untuk membicarakan masalah pribadi atau keluaga.contoh jenis rapat ini yang sering dilakukan adalah rapat keluarga untuk membicarakan seorang anggota keluarga yang akan menikah.
3)      Rapat terbuka
Rapat terbuka adalah rapat yang dapat di hadiri oleh semua anggota organisasi. Rapat ini banyak digunakan untuk membicarakan masalah-masalah yang bersifat tidak rahasia.
4)      Rapat tertutup
Rapat tertutup adalah rapat yang hanya boleh diikuti oleh sebahagian kecil anggota organisasi. Rapat ini biasanya bersifat rahasia dan membicarakan masalah-masalah yang sensitive.
c. Menurut jangka waktu rapat dapat di bagi:
1)      Rapat harian:
2)      Rapat mingguan
Yaitu rapat yang diadakan sekali seminggu, yang membahas masalah-masalah yang bersifat rutin.
3)      Rapat bulanan
Yaitu rapat yang diadakan sebulan sekali, setiap akhir bulan, untuk membqahas hal-hal atau peristiwa yang terjadi pada bulan yang lalu.
4)      Rapat semesteran
Yaitu rapat yang diadakan sekali setiap semester (setiap 6 bulan), yang bertujuan untuk mengadakan evaluasi hasil kerja selama 6 bulan yang lalu, dan mengambil langkah selanjutnya, jangka waktu 6 bulan berikutnya.
5)      Rapat tahunan
Yaitu rapat diadakan sekali setahun misalnya, rapat Dewan Komisaris, rapat umum pemegang saham.