Macam-macam Produk Bank | Produk bank dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis produk, yakni kredit pasif, kredit aktif, dan jasa/pelayanan dalam bidang keuangan lainnya. Berikut ini kita bahas satu persatu secara singkat.
 
1. Kredit pasif
Dalamkredit pasif, bank berfungsi sebagai penghimpun (pembeli) dana dari masyarakat (menerima kredit dari masyarakat). Cara-cara bank membeli (menghimpun) dana dari masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa contoh yang perlu kita kenal.
(1) GiroGiro adalah simpanan yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang setiap saat dapat ditarik dengan menggunakan cek atau bilyet giro.
(2) TabunganTabungan adalah simpanan yang penarikannya tidak terikat pada jangka waktu tertentu.
(3) Deposito berjangka Deposito berjangka adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jamjka waktu tertentu, misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.
(4) Sertifikat deposito Sertifikat deposito adalah deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperdagangkan.
 
2. Kredit Aktif
Dalam kredit aktif, bank berfungsi sebagai penyalur (penjual) dana kepada masyarakat (memberi kredit kepada masyarakat). Cara-cara bank menyalurkan (menjual) dana kepada masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut.
(1) Kredit dengan jaminan surat berharga, yakni pinjaman yang diberikan bank kepada nasabah (langganan) untuk membeli surat- surat berharga di mana surat-surat berharga tersebut sekaligus berlaku sebagai jaminannya.
(2) Kredit aksep, yakni pinjaman yang diberikan kepada nasabah dengan mengeluarkan wesel. Wesel tersebut dapat diperdagangkan.
(3) Kredit rekening koran, yakni pinjaman yang diberikan bank kepada nasabah yang dapat diambil sebagian-sebagian sesuai kebutuhan si nasabah. Jaminan kredit ini adalah surat berharga, barang-barang bergerak atau barang-barang tidak bergerak.
(4) Letter of credit (L/C), yakni pinjaman yang diberikan kepada nasabah berupa pembayaran terhadap pembelian sejumlah barang yang dilakukan oleh si nasabah tersebut. Misalnya, X di Jakarta membeli barang dari Y di Singapura. Atas permintaan X, maka bank membayar terlebih dahulu kepada Y harga barang tersebut. X baru akan membayar kepada bank setelah barang tiba atau setelah barang laku terjual.
3. Jasa-jasa keuangan lainnya
Selain produk kredit pasif dan aktif, bank masih mempunyai/ menyediakan jasa-jasa lain di bidang keuangan kepada masyarakat.Berikut ini disajikan beberapa contoh:
(1) Transfer (pengiriman) uang yakni pengiriman uang antardaerah atau antarnegara oleh bank atas permintaan nasabah atau masyarakat. Misalnya dari Jakarta ke Jogya atau ke Tokyo.
(2) Melakukan inkaso. Bank, atas nama nasabah, menagih surat utang atau wesel kepada pihak lain.
(3) Menerbitkan kartu kredit (credit card) Bank menerbitkan kartu kredit untuk nasabah sehingga nasabah bisa melakukan transaksi pembelian misalnya di supermarket tanpa perlu membawa uang tunai.
(4) MendiskontoBank menjamin jual-beli surat-surat berharga yang terjadi di masyarakat.
(5) Mengeluarkan cek perjalanan {travelers’check). Untuk memudahkan nasabahnya melakukan transaksi selama dalam perjalanan, bank menyediakan cek perjalanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *