Lingkungan Perawatan Pelayanan Isolasi | Menurut Patti (2009) lingkungan perawatan isolasi merupakan syarat utama suatu lingkungan yang layak huni karena kesehatan penghuni sangat tergantung dari kebersihan lingkungan dimana ia tinggal tersebut. Oleh sebab itu, pemeliharaan kebersihan dan perawatan lingkungan mendapatkan perhatian khusus dari pihak manapun termasuk pihak rumah sakit. Tenaga berpengalaman harus disiapkan untuk melakukan perawatan lingkungan termasuk di dalamnya menjaga kebersihan lingkungan, perawatan dalam ruangan serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada. Pengawasan terhadap pelaksanaan pemeliharaan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri yang nyaman untuk dihuni.

Menurut Amtaris (2009) Lingkungan merupakan faktor lain yang sangat penting untuk keberhasilan dalam ruangan perawatan pasien. Pasien perlu dilibatkan dalam memutuskan tempat terbaik untuk melakukan proses penyembuhan dalam hal ini penyakit yang dideritanya. Tempat yang terang dengan lantai yang bersih dan sebuah meja sebagai tempat untuk meletakkan segala sesuatu yang akan diperlukan oleh pasien termasuk pasien isolasi akan sangat membantu proses penyembuhan.

Menurut Mustikasari (2006) lingkungan perawatan merupakan lingkungan dimana layanan yang berkaitan dengan perawatan kesehatan merupakan sebagai fungsi pelengkap dari lembaga kesehatan.

Faktor-faktor lingkungan antara lain :

  1. Sarana prasarana eksternal yaitu pelengkap dari usaha perawatan dalam membantu klien mendapatkan keterampilan yang diperlukan untuk menjaga kesejahteraan agar tetap optimal.
  2. Karakteristik struktural yang dapat menstimulasi atau merintangi pengembangan dan penggunaan program pendidikan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti: lokasi, waktu perjalanan dan keterjangkauan, tata letak fisik area yang diberikan perlu dievaluasi dan perlu diperhatikan agar dapat diputuskan apakah pasien akan cukup mempunyai privasi. Apakah gangguan yang potensial hanya sedikit saja, apakah ruang cukup luas, nyaman dan peralatan yang berkaitan dengan topik serta keterampilan yang diajarkan dapat diletakkan dengan mudah diruangan tersebut.

Daftar Pustaka

Amtaris. 2009. Lingkungan Perawatan. http://www.google.co.id. Di Unduh Tanggal 04 Januari 2010.

Patti, 2009. http://perawat-blogspot.com. Di Unduh tanggal 05 Januari 2010.

Mustikasari, 2008. Mustikanurse.blogspot.com. di Unduh tanggal 27 Desember 2009