Konsep Perawatan luka

  • Definisi perawatan luka

Adalah suatu teknik aseptik yang bertujuan membersihkan luka dari debris untuk mempercepat proses penyembuhan (Dhirgo, 2008).

  • Teknik perawatan luka

Teknik perawatan luka menurut Nirwan (2009) dibagi menjadi empat, yaitu pembersihan luka, debridement, pemberian topikal, dan penutupan luka.

  1. Pembersihan luka (wound Toilet)

Pembersihan pada luka dapat dilakukan dengan mencuci pada area luka dan sekitarnya. Bahan pencucian luka yang selama ini masih digunakan yaitu perhidrol, savlon, boor water atau garam faali, normal saline. Penggunaan bahan pencucian luka disesuaikan dengan keadaan atau karakteristik suatu luka. Teknik utama dalam melakukan pembersihan atau pencucian luka yaitu dengan menganalisis keadaan luka, kering ataukah basah.

Pada luka kering dibersihkan dengan teknik swabbing, yaitu dengan cara ditekan dan digosok perlahan-lahan dengan menggunakan kasa steril yang dibasahi dengan bahan pencuci luka. Sedangkan luka basah dibersihkan dengan teknik irigasi, yaitu dengan cara disemprot lembut dengan bahan pencuci luka.

Metode pembersihan luka bakar terkini dengan menggunakan metode hidroterapi yaitu metode pembersihan luka dengan bertujuan melindungi luka terhadap proliferasi mikroorganisme patogen dan invasinya ke dalam jaringan. Teknik yang digunakan dalam metode hidroterapi yaitu :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *