Konsep merupakan suatu abstraksi yang dibentuk atau ditarik melalui generalisasi dari sesuatu yang spesifik, sedangkan teori merupakan set hubungan konsep-konsep, proporsi yang menggambarkan pandangan sistematis terhadap suatu fenomena dengan merinci (specifying) hubungan antar konsep yang bertujuan untuk menjelaskan dan prediksi fenomena.

Konsep dan teori keperawatan itu sendiri berfungsi sebagai tolok ukur kita dalam meningkatkan mutu dan kualitas di bidang keperawatan.
Konsep keperawatan meliputi empat faktor yaitu human (individu), environment (masyarakat), kesehatan (sehat-sakit) serta keperawatan. Dimana, disempurnakan dengan karakteristik teori keperawatan yang merupakan hubungan konsep-konsep keperawatan itu sendiri.

Empat faktor dari konsep keperawatan tersebut adalah :
1)   Manusia/  Individu
Manusia adalah organisme yang hidup dalam keseimbangan yang tidak stabil (meliputi: biologi-psikologi-sosial-spiritual-kultural)
2)   Lingkungan
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di luar indiviu. Manusia berada dan ikut menentukan kondisi lingkungan yang penuh dengan penyebab stressor.
3) Kesehatan
Menurut WHO, sehat berarti keadaan yang sempurna baik fisik, mental, dan social, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sedangkan menurut Undang – Undang No. 23 1992, sehat berarti keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.
4)   Keperawatan
Keperawatan ialah perkembangan sistematik dari keperawatan menuju kepada keperawatan sebagai profesi, bermula dari pandangan dan pernyataan dari Florence Nightingale yang mempunyai visi yang sangat maju tentang keperawatan.

Comments