Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Acuan Norma (PAN) | Kelebihan dari penggunaan Penilaian Acuan Norma (PAN), yaitu:

  1. Membuat guru bersikap positif dalam memperlakukan siswa sebagai individu yang unik. Karena guru mempunyai prinsip atau pandangan bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda dan menunjukan gejala seperti kurva normal. Maka analisis prestasi belajar yang sesuai dengan prinsip tersebuat adalah PAN.
  2. Butir-butir soal khususnya tes pilihan ganda jika disusun dengan baik, yang berarti butir soal dengan tingkat kesukaran yang rendah sampai tingkat yang sulit dan mempunyai daya beda yang positif serta alternative jawaban berfungsi efektif, maka hasilnya bila dianalisis dengan PAN akan merupakan informasi yang baik tentang kedudukan prestasi siswa.
  3. PAN dapat digunakan untuk menyeleksi calon siswa atau calon pegawai yang dites secara ketat. Maksudnya bila kita hanya memerlukan calon siswa atau pegawai 50 orang dari 1000 pendaftar maka analisis hasil tes kan mudah dilakukan dengan PAN.

Selain kelebihan, PAN juga memiliki kekurangan yaitu dapat melemahkan motivasi belajar siswa yang akibatnya menjadikan kualitas siswa rendah. Hal ini dikarenakan para siswa mempunyai sikap “asalkan skor tes dirinya sudah berada pada mean kelas berarti dia sudah lulus atau berhasil”.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Y. Waluyo, dkk. 1987. Penilaian Pencapaian HAsil Belajar. Jakarta: Penerbit Karunia, Universitas Terbuka

Masidjo, Ign. 1995.  Penilaian Pencapaian HAsil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius,

Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Suparman, Atwi. 2003. Desain Instruksional. Jakarta: Proyek Pengembangan UT, Dirjen Dikti, Departemen Pendidikan Nasional,

Arifin, Zainal. 1988. Evaluasi Instruksional. Bandung: CV Remadja Karya

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *