Kekuatan industri kecil sangat mempengaruhi tumbuh berkembangnya industri kecil tersebut, seperti dikaitkan dalam teori pengaruh arus balik positif, terdapat dua peran utama yang mempengaruhi kekuatan usaha yaitu pertumbuhan dari perusahaan/UKM yang sudah ada dan masuknya perusahaan/UKM yang baru.

            Dalam sebuah industri kecil kekuatan industri berkaitan erat dengan kinerja industri tersebut, semakin baik tingkat kinerja industri akan semakin meningkatkan kekuatan industri tersebut, oleh sebab itu dalam hal ini peran struktur pasar sangat penting karena akan menentukan perilaku perusahaan/UKM .

            Skema diatas menggambarkan tentang ukuran yang digunakan dalam melihat struktur pasar yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kemudian diikuti oleh kebijakan yang diambil (conduct)   oleh industri tersebut  untuk mendapatkan kinerja yang effisien dengan optimal keuntungan ( good performance ).

            Pada gambar diatas dapat diambil contoh hubungan yang saling mempengaruhi struktur, perilaku dan kinerja. Pangsa pasar yang tinggi sehingga mempengaruhi perilaku perusahaan/UKM untuk menggunakan strategi bisnis dalam tahapan dan tingkatan pangsa pasar, pangsa pasar yang meningkat dan strategi bisnis yang bagus mempengaruhi pola keuntungan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *