Kebutuhan Pakan Dan Kelangsungan Makan Udang Penaeid | Semula udang Penaeid dikenal sebagai hewan bersifat omnivorous- scavenger artinya ia pemakan segala bahan makanan dan sekaligus juga pemakan bangkai. Namun penelitian selanjutnya dengan cara memeriksa isi usus, mengindikasikan bahwa udang Penaeid bersifat karnivora yang memangsa berbagai  krustasea renik amphipoda, dan polychaeta.

Oceanic Institute di Hawai membuktikan bahwa bacteria dan algae yang banyak tumbuh di badan (kolom) air kolam yang agak keruh, ternyata berperan penting sebagai makanan udang, menyebabkan udang tumbuh lebih cepat 50% dibanding dengan udang yang dipelihara didalam kolam/bak yang berair sangat bersih. Catatan ini membuktikan bahwa udang tumbuh optimum dikolam.

karena adanya komunitas microbial (Wyban & Sweeney,1991). udang bersifat nocturnal. Sering ditemukan udang memendamkan diri dalam lumpur/pasir dasar kolam bila siang hari, dan tidak mencari makanan. Akan tetapi pada kolam budidaya jika siang hari diberi pakan maka udang akan bergerak untuk mencarinya, ini berarti sifat nocturnal tidak mutlak udang memerlukan pakan dengan kandungan protein 35 %. Ini lebih rendah dibanding dengan kebutuhan budidaya ikan kakap yang kebutuhan protein pakannya mencapai 45 % untuk tumbuh baik. Ini berarti dari segi pakan udang lebih ekonomis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *