Karbohidrat adalah aldehid dan keton polyhidroksi atau senyawa –senyawa yang pada hidrolisis memberikan aldehid atau keton hidroksi mono sakarida terdiri dari beberapa diantaranya sehinga membentuk asam aldonat. Disakarida terbentuk oleh dua monosakarida yaitu maltosa dan selobiosa sedangkan polisakarida terbentuk dari beberapa monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan glikosidik. Nama karbohidrat atau hidras dari karbon adalah istilah yang diantarkan pada masa awal dipelajarinya kimia karbohidrat. Banyak dari senyawa ini mempunyai bobot molekul kelipatan. CH2O misalnya C6H12O6 dan C5H10O5.
Karbohidrat bersifat optis aktif, karena mengandung atom C asimetris. Ada yang bersifat gula produksi dan gula bukan produksi ini disebabkan karena adanya gugus aldehid da keton yang dapat memproduksi ion-ion logam seperti Tembaga, perak, dalam larutan biasa.
Gugus hidroksil dalam karbohidrat bertabiat sama dengan gugus alkohol lainnya. Gugus ini dapat diesterifikasi baik oleh asam karboksilat atau asam anorganik dan dapat digunakan untuk membentuk ester. Karbohidrat juga bertindak sebagai dial dan membentuk asetat atau ketal siklik dari aldehid atau ketan (Achmad, 1995).
            Gugus hidroksil dalam karbohidrat bertabiat serupa dengan gugus alkohol lainya. gugus ini dapat diesterifikasi baik oleh asam karboksilat atau asam anorganik dan dapat digunakan untuk membuat ester. Karbohidrat dapat juga bertindak sebagai diol dan dapat membentuk asetal atau ketal siklik dari ladehid atau keton (Fessenden dan Fessenden, 1982).
Rumus umum karbohidrat adalah C12(H2O), rumus umum tersebut tidak 100% benar, karena ada karbohidrat yang tidak sesuai dengan rumus tersebut (Ali Jamil, 1987).
Karbohidrat merupakan sumber energi utama pada tubuh manusia. Karbohidrat diperkirakan oleh tubuh manusia sebagai sumber energi kira-kira 50 %. Gugus hidroksil dalam karbohidrat sama dengan gugus alkohol lain. Gugus ini dapat diesterifikasi baik oleh asam karboksilat atau asam nonorganik dan dapat digunakan untuk membentuk ester. Karbohidrat juga bertindak sebagai dial dan membentuk asetat atau ketal siklik dari aldehid atau keton.

Daftar Pustaka Materi diatas ada di bawah ini silahkan Download
Jika link di atas tidak berfungsi silahkan coba yang di bawah ini

Comments

  1. Pingback: Pengawetan Tahu | mteguhiman