Jurusan Sekolah Menengah Atas




  1. Pengertian Sekolah Menengah Atas (SMA)

Sekolah Menengah Atas dalam pendidikan formal di Indonesia, merupakan jenjang pendidikan menengah setelah menamatkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat. Umumnya pelajar  Sekolah Menengah Atas berusia 16-18 tahun. Sekolah Menengah Atas diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun, yaitu mulai kelas 10 sampai kelas 12. Pada tahun kedua (di kelas XI), siswa Sekolah Menengah Atas, wajib memilih jurusan yang ada disekolah. Jurusan adalah program pengajaran yang memberikan fasilitas kepada siswa untuk menyalurkan bakat, minat, dan kemampuan yang dimilikinya yang dianggap paling potensial untuk dikembangkan secara optimal yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA) (Unwanullah, 2008). Jurusan yang ada di SMA pada umumnya yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan bahasa. Pada akhir tahun ketiga (di kelas 12), siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional yang mempengaruhi kelulusan atau tidaknya siswa. Setelah lulus (tamat)  Sekolah Menengah Atas dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (Lentera, 2011).

Jadi, Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah jenjang pendidikan setelah menamatkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat dan jenjang pendidikan yang wajib ditempuh sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

  1. Jenis-jenis Penjurusan di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Jenis-jenis penjurusan di Sekolah Menengah Atas (Eha, 2011) :

  1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) : IPA merupakan bidang studi yang berkaitan dengan ilmu eksakta dan alam, di dalamnya terdapat mata pelajaran biologi, kimia, fisika, dan matematika yang dipelajari secara mendalam. Siswa kelas IPA berfikirnya ilmiah, pola penalaran berdasarkan sasaran tertentu secara teratur dan cermat disebabkan kebiasaan mereka sehari-hari yang mendapatkan sarana berfikir ilmiah seperti matematika logika dan statistika.
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) : IPS merupakan bidang studi yang berkaitan dengan ilmu sosial, di dalamnya terdapat mata pelajaran sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi akuntansi dan antropolog Siswa  kelas  IPS berfikirnya alamiah, pola penalaran yang berdasarkan kebiasaan sehari-hari dari pengaruh alam sekelilingnya.
  3. Ilmu Bahasa : Ilmu Bahasa menitik beratkan pada keilmuan bahasa berkaitan dengan bidang kesusasteraan, seperti dalam membuat puisi, mengarang, membuat essai, berpidato, serta kemampuan memahami multi bahasa. Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia mendapatkan porsi lebih banyak daripada jurusan yang lain. Selain itu, jurusan bahasa juga menambah pelajaran bahasa asing lainnya.
    1. Tujuan Masing-masing Penjurusan di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Tujuan Jurusan di Sekolah Menengah Atas  :

  1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) : Tujuan jurusan IPA adalah untuk mempersiapkan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang berkaitan dengan matematika dan IPA baik dalam bidang akademik maupun professional. Selain itu program ini juga bertujuan memberikan bekal kemampuan kepada siswa secara langsung atau tidak langsung untuk bekerja di masyarakat (Kusumaningrum dalam Setyawan, 2012).
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) : Tujuan jurusan IPS adalah untuk mempersiapkan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang berkaitan dengan bidang studi IPS, baik dalam bidang akademik maupun profesional. Selain itu program ini juga bertujuan memberikan bekal kemampuan kepada siswa secara langsung atau tidak langsung untuk bekerja di masyarakat (Kusumaningrum dalam Setyawan, 2012).
  3. Ilmu Bahasa : Tujuan jurusan ilmu Bahasa adalah untuk mempersiapkan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang berkaitan dengan bidang studi bahasa, baik dalam bidang akademik maupun profesional. Pembelajaran bahasa di arahkan untuk meningkatkan kemampuan pembelajar dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan (Depdikbud dalam Pulubuhu 2012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *