Purse seine dapat dibedakan atas beberapa segi. Ada yang membedakan ada tidaknya kantong, sehingga dikenal ada purse seine berkantong dan tidak berkantong. Akan tetapi, ada juga yang membedakan berdasarkan jumlah kapal yang dipergunakan sehingga dikenal one boat purse seine dan two boat purse seine. Ada pula yang menggolongkan jenis ikan yang menjadi ujuan penangkapan sehingga kita kenal tuna purse seine, sardin purse seine, dan sebagainya. Berdasarkan tipenya kita kenal ada tipe America dan tipe Jepang.
            Ayodhyyou (1981) menjelaskan perbandingan antara sistem one boat system dengan two boat system sebagai berikut:
            One Boat System
1.      Dibandingkan dengan two boat system, cara operasi lebih mudah (tidak terlalu compicated).
2.      Memungkinkan pemakaian kapal yang lebih besa, dengan demikian area operasi akan lebih luas.
3.      Pengarh cuaca relatif kecil (lebih dapat dikuasai), dengan demikian jumlah operasi akan lebih banyak.
4.      Menarik jaring, mengangkat jaring, mengankat ikan dan lain-lain perkerjaan di dek memungkinkan di mekanisir, dengan demikian kerja akan lebih efisien.
5.      Dengan ukuran jaring yang sama, ukuran kapal akan lebih besar pada one boat system dibandingkan two boat system.
Two Boat system
1.      Teoritis waktu yang diperlukan untuk melingkari gerombolan ikan akan menjadi sekitar seperdua dari waktu yang diperlukan oleh one boat system.
2.      Sifat-sifat ikan, kondisi fishing groun ( angin, arus, gelombang, dan lain sebagainya), kondisi saat operasi an sebagainya akan mempengaruhipenentuan system yang akan dipakai.
Teknik Penangkapan
Pada umumnya dalam pengoperasian purse seine dikenal dua cara yaitu
(1)     purse seine dioperasikan dengan mengejar gerombolan ikan, hal ini biasanya dilakukan pada siang hari.
(2)     Menggunakan alat bantu penangkapan seperti rumpon, cahaya, fish finder. Hal ini dapat dilakukan pada siang hari dan malam hari