Jagung | Salah satu  media yang  sering  digunakan untuk  membuat  media bibit induk ialah biji jagung. Jagung merupakan tanaman serealia yang paling produktif di dunia, sesuai  ditanam di wilayah bersuhu tinggi. Penyebaran tanaman jagung sangat luas  karena  mampu  beradaptasi  dengan  baik  pada berbagai lingkungan.




Jagung tumbuh baik di wilayah tropis hingga 50° LU dan 50° LS, dari dataran  rendah  sampai  ketinggian 3.000 m di atas permukaan laut (dpl), dengan curah hujan tinggi, sedang, hingga rendah sekitar 500 mm per tahun. Pusat produksi  jagung di dunia tersebar di negara tropis dan subtropis. Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif.

Secara struktural, biji jagung yang telah matang terdiri atas empat bagian utama, yaitu perikarp, lembaga, endosperm, dan tip kap. Perikarp merupakan lapisan pembungkus biji yang berubah cepat selama proses pembentukan biji. Pada taraf tertentu lapisan ini membentuk membran yang dikenal sebagai kulit biji atau testa/aleuron yang secara morfologi adalah bagian endosperm.

Lembaga merupakan bagian yang cukup besar. Pada biji jagung tipe gigi kuda, lembaga meliputi 11,5% dari bobot keseluruhan biji. Lembaga ini sendiri sebenarnya tersusun atas dua bagian yaitu skutelum dan poros embrio (embryonic axis). Endosperm merupakan bagian terbesar dari biji jagung, yaitu sekitar 85%, hampir seluruhnya terdiri atas karbohidrat dari bagian yang lunak (floury endosperm) dan bagian yang keras (horny endosperm). Lembaga terdiri atas plumula, radikel, dan skutelum, yaitu sekitar 10% dan perikarp 5%. Perikarp merupakan lapisan luar biji yang dilapisi oleh testa dan lapisan aleuron. Lapisan aleuron mengandung 10% protein.

Klasifikasi tanaman jagung adalah sebagai berikut:

Kingdom         Plantae
Divisio             Magnoliophyta
Classis             Liliopsida

Ordo                Poales
Familia            Poaceae
Genus              Zea
Species            Zea mays L.

Jagung memiliki kandungan gizi yang lengkap seperti protein, karbohidrat, lemak dan mineral. Kandungan gizi pada jagung dapat dilihat pada Tabel.

Tabel Kandungan Gizi dalam 100 gr Jagung

Kandungan Jumlah
Karbohidrat 73,7 %
Protein 9,2 %
Lemak 3,9 %
Kalori 307 kal
Ca 10 mg
P 256 mg
Fe 2,4 mg
Vitamin A 440 mg
Vitamin B1 0,24 mg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *