Reffer2
MUHAMMAD YATSIR
0606103010069
PROGRAM STUDI BIOLOGI FKIP UNSYIAH
Muhammad.Yatsir@xxxxx.xx.xx

TULISAN INI SUDAH MENDAPATKAN PERSETUJUAN UNTUK DI PUBLIKASI


ABSTRAK
Kata kunci : Insekta permukaan tanah, PT. PIM.
            Penelitian tentang Insekta permukaan tanah di lingkungan PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara, telah dilaksanakan pada tanggal 17 – 21 Januari 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah spesies Insekta permukaan tanah dan mengetahui spesies Insekta permukaan tanah yang paling dominan di lingkungan PT. PIM Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Observasi.
INSEKTA PERMUKAAN TANAH DI LINGKUNGAN PT. PUPUK ISKANDAR MUDA KRUENG GEUKUEH KABUPATEN ACEH UTARA  (ABSTRAK PENELITIAN)
PT PIM

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan perangkap Pitfalltrap pada setiap stasiun pengamatan. Pengambilan sampel dilakukan pada pagi hari pukul  06.00 WIB, dan sore hari pukul 18.00 WIB yang dilakukan pada 3  stasiun pengamatan yaitu sekitar tepi pabrik, tepi perumahan karyawan, dan tepi sarana fasilitas umum.
Parameter dalam penelitian ini adalah jumlah spesies Insekta yang terdapat di lingkungan PT. PIM Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara. Data dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditemukan 19 spesies Insekta yang digolongkan ke dalam 6 ordo, 10 famili, dan 14 genus. Insekta yang paling dominan di lingkungan PT. PIM Krueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara adalah Monomorium minimum famili dari formicidae yang digolongkan ke dalam ordo Hymenoptera dengan Dominance Indeks (Di ) = 12,9 %.