1. Identitas Jurnal

Judul                           :  Implementasi Pengembangan Content Curriculum Dalam Proses Perencanaan Pembelajaran

Penulis                        :  Bactiar S. Bachri

Penerbit                      :  Universitas Negeri Surabaya, Oktober 2010

  1. Ringkasan Isi

Pengembangan kurikulum merupakan suatu kegiatan yang memberikan jawaban atas sejumlah tuntutan kebutuhan yang berkembang pada pendidikan. Pengembangan kurikulum dilakukan atas sejumlah komponen pada pendidikan, diantaranya adalah pada pembelajaran yang merupakan implementasi dari kurikulum. Oleh karena itu pembelajarandapat dikatakan sebagai pelaksanaan dari sejumlah perencanaan yang telah dikembangkan dalam kurikulum.

Untuk menyusun pengembangan kurikulum harus memperhatikan 1) komponen kurikulum yang berisi tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Setiap poin komponen tersebut mempunyai hubungan dan saling berinteraksi. 2) perencanaan pembelajaran merupakan suatu rangkaian yang saling berhubungan dan saling menunjang antara berbagai unsur atau komponen yang ada di dalam pembelajaran meliputi : materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan atau metode pembelajaran, dalam suatu alokasi waktu. Perencanaan pembelajaran selanjutnya dituangkan dalam model pembelajaran (instructional design) dimana guru membuat perencanaan dan mentransfer kurikulum kedalam pembelajaran di dalam kelas. 3) Model Pengembangan Kurikulum adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan kurikulum untuk mencapai tujuan belajar tertentu sehingga ia berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses dan prosedur pengembangan kurikulum. 4) Content Curriculum dilakukan berdasarkan tujuan yang telah ditentukan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Proses ini menarik, karena meletakkan kegiatan pengembangan bahan pembelajaran pada prosedur setelah identifikasi dan perumusan tujuan dilakukan. Hal ini menunjukkan kurikulum mengisyaratkan bahwa pencapaian tujuan perlu dikedepankan mendahului materi / bahan. Dalam proses pembelajaran kegiatan yang dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, dikenal sebagai kegiatan perencanaan pembelajaran yang hasilnya kemudian dituangkan dalam model pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dapat dikatakan sebagai pedoman mengajar bagi guru dan pedoman belajar bagi siswa. Melalui perencanaan pembelajaran dapat diidentifikasi apakah pembelajaran yang dikembangkan/dilaksanakan sudah menerapkan konsep belajar siswa aktif atau mengembangkan pendekatan keterampilan proses.

Isi kurikulum (content curriculum) sebagai salah satu komponen penting dari kurikulum merupakan sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa sebagai bentuk pencapaian tujuan yanbg telah ditetapkan. Dalam proses perencanaan pembelajaran, sejumlah kompetensi yang perlu dikuasai melalui sejumlah pengalaman belajar yang dikondisikan dan diorganisasikan, dirancang dan dirumuskan sehingga memunculkan model pembelajaran yang secara langsung dapat diimplementasikan (aplicable).

Isi kurikulum berhubungan erat dengan perencanaan pembelajaran sehingga harus memperhatikan  dan menetapkan  materi pembelajaran diantaranya : kesesuaian materi pembelajaran hendaknya sehingga menunjang tercapainya tujuan intruksional. Materi pembelajaran hendaknya sesuai pendidikan/ perkembangan siswa pada umumnya. Materi pembelajaran hendaknya terorganisasi secara sistematik dan berkesinambungan. Materi pembelajaran hendaknya mencakup hal-hal yang bersifat factual maupun konseptual

  1. Simpulan
  2. Pengembangan kurikulum dilakukan melalui tahapan yang dituangkan dalam model pengembangan kurikulum
  3. Beberapa model pengembangan kurikulum memiliki kesamaan dalam tahapan yang dilakukan
  4. Analisis kebutuhan dan perumusan tujuan merupakan langkah awal dalam pengembangan kurikulum
  5. Pengembangan isi kurikulum (content curriculum) dilakukan berdasarkan tujuan yang telah ditentukan
  6. Untuk melakukan pembelajaran, isi kurikulum diimplementasikan dalam perencanaan pembelajaran untuk melahirkan model pembelajaran.
  7. Perencanaan pembelajaran merupakan penerjemahan pengembangan isi kurikulum yang telah dilakukan dalam pengembangan kurikulum
  1. Komentar

Guru sebagai pelaksana pembelajaran di kelas perlu mencermati, memperhatikan proses pengembangan kurikulum untuk mengetahui pengembangan isi kurikulum yang diajarkan di dalam kelas. Pelaksanaan pembelajaran harus dilakukan berdasarkan perencanaan yang telah dibuat, karena dalam perencanaan telah tergali beberapa pemikiran mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan. Perancang pembelajaran perlu meletakkan perumusan tujuan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran Pengalaman belajar dan isi kurikulum dikembangkan dari tujuan yang telah dirumuskan, bukan sebaliknya.

Sehingga implementasi pengembangan content curriculum dalam proses perencanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan membawa hasil yang baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *