Ilmu ekonomi Regional muncul sebagai suatu perkembangan baru dalam ilmu ekonomi yang secara resmi baru mulai pada pertengahan tahun lima puluhan.Karena adanya kekhususan yang dimiliki oleh ekonomi regional menyebabkan ilmu ini telah berkembang menjadi suatu bidang spesialisasi yang baru yang berdiri sama halnya dengan cabang ilmu ekonomi lainnya seperti ekonometrik,ekonomi kependudukan,operational research,dan lainlainnya.

Sama halnya dengan ilmu-ilmu lain,ilmu ekonomi regional muncul sebagai suatu kritik dan sekaligus memberi dimensi baru pada analisis ekonomi dalam rangka melengkapi dan mengembangkan pemikiran ekonomi tradisional sehinga dapat memecahkan masalah-masalah sosial ekonomi yang terus berubah sepanjang zaman.
Ada dua kelompok ilmu yang lazim mengunakan ilmu ekonomi regional sebagai peralatan analisa.Kelompok pertama menamakan dirinya dengan Regional science yang lebih banyak menekankan analisaanya pada aspek aspek sosial ekonomi dan geografi. Kelompok ilmu kedua menamakan dirinya sebagai Regional Planning yang lebih menekankan analisanya pada aspek-aspek tata ruang, land-use, dan perencanaan.

Di Indonesia, ilmu ekonomi Regional mulai masuk dan berkembang pada permulaan repelita II pada saat mana aspek pembangunan daerah dan perencanaan wilayah mulai dirasakan keperluannya.dewasa ini Institut Teknologi Bandung (ITB) telah membuka Progran Pasca Sarjana dalam bidang perencanaan wilayah,sedangkan Fakultas Ekonomi universitas Andalas sudah sejak sepuluh tahun yang lalu mulai secara aktif mengembangkan ilmu ekonomi Regional,walaupun masih terbatas dalam bidang penelitian dan perencanaan. Ilmu ekonomi regional salah satu cabang ilmu ekonomi yang memiliki kekhususan yaitu sesuatu yang tidak dibahas dalam cabang ilmu lainnya, sedangkan pada sisi lain memiliki prinsip-prinsip yang utuh atau mampu memberikan solusi yang lengkap untuk bidang tertentu.
Ilmu Ekonomi Regional ialah ilmu ekonomi wilayah, menitik beratkan pada bahasan dimensi tata ruang / space/ spatial.

Hal-hal yang menjadi landasan pentingnya ekonomi regional
1. Keuntungan sumber daya alam ( natural resources advantage )
2. Penghematan dari pemusatan ( economic of concentration )
3. Biaya angkut

Tujuan Ilmu Ekonomi Regional : Untuk menentukan diwilayah mana suatu kegiatan ekonomi sebaiknya dipilih dan mengapa wilayah tersebut menjadi pilihan.


Peran Ilmu Ekonomi Regional
Penentuan kebijaksanaan awal, sektor mana yang dianggap strategis, memiliki daya saing dan daya hasilnya yang besar, comperative advantage.
• Dapat menyarankan komoditi / kegiatan apa yang perlu dijadikan unggulan dan disub wilayah mana komoditi itu dapat dikembangkan.
Manfaat Ilmu Ekonomi Regional
• Makro : Bagaimana pemerintah pusat dapat mempercepat Laju pertumbuhan ekonomi keseluruh wilayah
• Mikro : Dapat membantu perencanaan wilayah menghemat waktu dan biaya dalam proses menentukan lokasi suatu kegiatan ekonomi