Pengertian HDL

HDL merupakan lipoprotein yang mengandung Apo A dan mempunyai efek antiaterogenik kuat, sehingga disebut juga kolesterol baik. Fungsi utama HDL yaitu mengangkut kolesterol bebas yang terdapat dalam endotel jaringan perifer, termasuk pembuluh darah, ke reseptor HDL dihati untuk dikeluarkan lewat empedu. Dengan demikian, penimbunan kolesterol diperifer berkurang. Kadar HDL diharapkan tinggi didalam darah (Mayes, 2009).




Metabolisme HDL

Partikel HDL Nascent berbentuk diskoid, terdiri dari bilayer fosfatidilkolin dan shell protein yang melindungi ekor lipid hidrofobik dari lingkungan berair. Pada saat beredar dalam tubuh, HDL mengumpulkan kolesterol yang kemudian disimpan dalam lipid bilayer. Peningkatan efisiensi dicapai melalui aktivasi LCAT enzim yang mengubah kolesterol amfipatik untuk disimpan dalam bilayer menjadi ester kolesterol hidrofobik yang berkumpul diantara ekor lipid . Ini menginduksi transformasi HDL disk ke bentuk bola yang mana inti hidrofobik dari ester kolesterol terlindung oleh kombinasi lipid dan protein . Pada tahap ini pengumpulan kolesterol berhenti. Apo A-1 adalah konstituen protein utama HDL, mendefinisikan ukuran dan bentuk, pelarut komponen lipid nya, menghilangkan kolesterol dari sel-sel perifer, mengaktifkan enzim LCAT, dan mengantarkan hasil dari ester kolesterol ke hati. HDL terdiri dari partikel heterogen dengan beragam kemungkinan konformasi dari apo A-I. Untungnya, ada sebuah metode umum untuk membentuk rekonstruksi HDL ( rHDL ) partikel dengan fosfolipid tertentu dan konten apolipoprotein yang analog untuk melahirkan HDL yang baru, menampilkan semua fungsi fisiologisnya (Phillips, 1997).

Kadar HDL bervariasi secara timbal-balik dengan kadar triasilgliserol plasma dan secara langsung dengan aktivitas lipoprotein lipase. Semua lipoprotein plasma adalah komponen yang saling berkaitan dari satu atau lebih siklus metabolik yang bersama-sama bertanggung jawab dalam proses kompleks pengangkutan lipid plasma (Mayes, 2009).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *