1. Identitas Jurnal

Judul                           :  Guru Kreatif dan Strategi Pengajaran Efektif yang Memotivasi Pelajar Untuk Belajar

Penulis                        :  Konder Manurung

Penerbit                      :  Indonesian Jurnal of  Science Education, 2012

  1. Ringkasan Isi

Jurnal ini bertujuan untuk membahas bagaimana guru kreatif dan strategi pengajaran yang efektif memotivasi peserta didik untuk belajar pembelajaran aktif terlihat di mana peserta didik harus aktif selama proses belajar mengajar, telah mengubah subjek dan pusat proses belajar mengajar dari guru kepada siswa.

Kreativitas dalam proses belajar mengajar dapat dilihat sebagai upaya guru untuk memfasilitasi pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran. Guru kreatif menggunakan segala sesuatu yang dia miliki untuk mengaktualisasikan pembelajaran aktif untuk memotivasi peserta didik seperti pemikiran, fakta, dan ide-ide atau bahkan kombinasi dari pikiran, fakta dan ide-ide. Kreativitas guru dapat dilihat dalam penampilannya selama proses belajar mengajar dan dalam kegiatan sehari-hari. Guru kreatif dapat melakukan proses belajar mengajar secara efektif dengan menggabungkan berbagai bahan kontekstual pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan pengalaman kehidupan nyata. Sehingga guru kreatif memberikan ruang sebanyak mungkin untuk pelajar dalam desain instruksional untuk mengembangkan kerangka kerja khususnya pemahaman siswa. Strategi pengajaran yang efektif terus diselidiki dan hasil penyelidikan yang digunakan untuk mencapai kinerja maksimal peserta didik baik dalam dan keluar dari kegiatan kelas. Guru yang efektif menjaga siswa terlibat dalam pelajaran mereka dan menguasai berbagai strategi pengajaran yang efektif .

Pengajaran yang efektif memerlukan strategi pengajaran yang efektif. Strategi pengajaran yang efektif membantu peserta didik untuk menerapkan, menganalisis, dan mensintesis, untuk menciptakan pengetahuan baru, dan memecahkan masalah baru.
Telah dicatat bahwa ada beberapa strategi pengajaran yang efektif di bidang yang berbeda studi. Strategi, secara umum, menekankan pada kemungkinan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari dengan praktek nyata untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan stakeholder lainnya. Di antara mereka adalah contoh strategi praktis, menunjukkan dan memberitahu, studi kasus, proyek dipandu desain, laboratorium terbuka, teknik flowchart, kuis terbuka, brainstorming, metode tanya-jawab, software, perbaikan mengajar, dan bentuk umpan balik yang cepat untuk rekayasa.

Sebuah rencana pelajaran digunakan sebagai panduan dalam proses belajar mengajar. Guru kreatif menyiapkan RPP dengan formulating tujuan yang tepat dan ditulis dengan jelas yang didefinisikan sebagai deskripsi hasil belajar. Menurut Farrel (2001), kemampuan untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas membantu guru untuk menyatakan secara tepat apa yang peserta didik ingin belajar, membantu guru untuk membimbing pemilihan kegiatan yang sesuai, dan membantu guru untuk memberikan fokus pelajaran secara keseluruhan dan arah.

  1. Simpulan

Guru kreatif adalah mereka yang mampu menciptakan pengajaran yang efektif. Peran guru kreatif dimulai dari penyusunan pengajaran sampai penilaian prestasi. Bagian persiapan, dalam tahap pembelajaran sebelumnya, seorang guru yang kreatif menganalisis apa kebutuhan peserta didik dan hasil analisis kebutuhan digunakan untuk merumuskan tujuan instruksional dan desain bahan ajar dalam RPP. Guru kreatif juga menyiapkan bahan ajar yang efektif berisi tugas dan kegiatan yang mempromosikan tidak hanya keterampilan kognitif tetapi juga keterampilan psikomotor. Tidak ada strategi pengajaran sempurna dalam dirinya sendiri. Dalam rangka untuk melakukan pengajaran yang efektif, guru kreatif memilih berbagai strategi pembelajaran yang efektif yang mendukung satu sama lain untuk mengaktifkan peserta didik, untuk melibatkan peserta didik dan menanamkan motivasi belajar. Strategi yang efektif adalah mereka yang dapat mentransfer pengetahuan ke dalam aplikasi praktis.

Motivasi penting untuk membawa keberhasilan pembelajaran. Guru kreatif, bahan ajar yang dirancang dengan baik, dan strategi pembelajaran yang efektif di antara faktor penting yang memotivasi peserta didik untuk belajar.

  1. Komentar

Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam strategi pembelajarannya, bukan hanya itu saja tapi guru hendaknya juga sering ber inovasi untuk mengajak dan melatih siswa lebih senang mengikuti pembelajaran. Guru yang kreatif akan memacu siswa lebih tertarik dalam pelajaran dan proses pembelajaran di kelas. Sehingga kelas semakin lebih terkondisikan dan menimbulkan motivasi belajara pada siswa.

Bukan hanya dalam pembelajaran di dalam kelas, guru kreatif hendaknya menyiapkan RPP dengan formulating tujuan yang tepat dan ditulis dengan jelas yang didefinisikan sebagai deskripsi hasil belajar. Kemampuan untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas membantu guru untuk menyatakan secara tepat apa yang peserta didik ingin belajar, membantu guru untuk membimbing pemilihan kegiatan yang sesuai, dan membantu guru untuk memberikan fokus pelajaran secara keseluruhan dan arah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *