Dewasa ini lebih banyak generator arus putar dibandingkan dengan arus searah dalam kperluan penerangan atau tenaga sebab generator arus putar lebih sederhana dan lebih mudah pelayanannya dengan generator arus searah.
Generator arus tukar satu fasa dibuat untuk tenaga kecil sehingga motor dan mesin penggerak diletakkan pada sebuah kerangka yang mudah dipindahkan..System yang digunakan ialah tegangan serah maupun bolak balik yang mempunyai dua jepitan untuk dihubungkan dengan beban atau rangkaian yang mempunyai dua jepitan. Bila sumber tersebut memberikan tegangan bolak balik maka ia merupakan suatu system satu fasa dapat dibangkitkan dengan generator satufasa.
Pasagan kumparan satu sama lain tidak saling bergantungan dan masing masing merupakan suatu system satu fasa tersendiri. Bila ada sebuah pasang kuimprana maka bidang – bidang kumparan tersebut saling membuat sudut 2π/m satu sama lain. Dengan demikian maka tegangan bolak balik di tiap kumparan tidak mencapai puncak maupun nilai nol sisoid pada waktu yang bersamaan dengan kata lain terdapat perbedaan fase antara tegangan tersebut.karena kumparan – kumparan diletakkan secara merata pada dinding dalam generator maka perbedaan fase antara masing masing tegangan adalah
2π/m. (Margunadi, 1991).
Generator putar tiga fasa dibuat lebih besar sebab lebih mneguntungkan tetapi memerlukan pondasi.generator tiga fasa ialah pembangkit tenaga listrik arus putar dimana tenaga listrik yang dihasilkan oleh generator tiga fasa dapat jauh lebih besar bila dibandingkan dengan generator satu fasa. Oleh sebab itu generator tiga fasa banyak digunakan dipabrik dan perusahaan yang besar. Penguatan medan magnit generator tiga fasa dapat digunakan arus dynamo DC satu poros dengan generator AC dapat pula menggunakan penyearah yang arusnya diambilkan dari generator AC. Digunakan untuk mendapatkan tenaga listrik utama atau tambahan.