Pertumbuhan ekonomi sebagai suatu ukuran kuantitatif yang menggambarkan perkembangan suatu perekonomian dalam suatu tahun tertentu apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan demikian, untuk menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi akan selalu digunakan formula berikut;

                                                                   GDP­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­1 – GDP0
    g =  ——————-  X 100 %
                                                                    GDP0
g          =  tingkat (persentase) pertumbuhan ekonomi.
GDP1 = (gross domestic product atau PDB) adalah pendapatan nasional riil, yaitu pendapatan nasional yang dihitung pada harga tetap yang dicapai pada satu tahun (tahun 1).
GDP0  =  pendapatan nasional riil pada tahun sebelumnya.
            Dengan demikian tingkat pertumbuhan ekonomi menggambarkan mengenai perkembangan ekonomi yang berlaku dalam satu tahun tertentu. Ia menggambarkan sampai dimana barang dan jasa telah bertambah dalam satu tahun tertentu apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bersamaan dengan terjadinya pertumbuhan ekonomi, akan berlaku pula pertambahan penduduk, apabila tingkat pertumbuhan ekonomi selalu rendah  dan tidak melebihi tingkat pertambahan penduduk, pendapatan ratarata masyarakat (pendapatan perkapita) akan mengalami penurunan. Apabila pertumbuhan ekonomi sama dengan pertambahan penduduk, maka perekonomian negara tersebut tidak mengalami kemajuan (Sukirno, 2006: 10).
Daftar pustaka klik disini