Definisi Fisika Lingkungan

Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang fundamental dan mencakup sain baik benda hidup maupun sain fisika (astronomi, kimia, matematika, fisika sendiri). Pada dasarnya fisika membahas tentang materi dan energi yang merupakan akar tiap bidang sain dan mendasari semua gejala. Fisika lingkungan (environmental physys) adalah studi berkaitan dengan proses fisika yang menentukan respon kehidupan organisme terhadap lingkungan fisik. Sedangkan pengaruh lingkungan fisik terhadap kehidupan organisme termasuk kehidupan manusia berlangsung setiap saat sehingga diharapkan terekam sebagai pengalaman hidup yang sangat mempengaruhi pola kehidupan sehari-hari. Beranjak dari pengertian tersebut di atas manusia perlu mengkaji secara luas dan mendalami lingkungan fisik tempat hidupnya agar memahami karakteristik dan pengaruhnya terhadap kesehatan.

Fisika lingkungan berhubungan dengan gejala-gejala yang terjadi di lingkungan kehidupan. Gejala itu selalu mengikui sekumpulan prinsip umum tertentu yang disebut hukum/formula fisika. Dengan demikian sasaran yang ingin dicapai adalah menemukan prinsip itu, sehingga berbagai gejala yang dihubungkan, dimengerti serta digunakan untuk meramalkan terjadi perubahan suatu variable diikitu variable lain secara berantai, sehingga gejala lingkungan fisik merupakan gejala yang ssangat kompleks.

Kompleknya masalah lingkungan, diperlukan pengukuran variable-variabel fisika yang terlibat di dalam lingkungan dan menghubungkannya dengan tenggapan biologis yang berada di lingkungan tersebut. Dari data yang kita kumpulkan dapat dianalisis dengan menggunakan formula/prinsip fisika, dengan harapan dapat diramalkan bagaiamana kelakuan system terhadap rangsangan beruapa perubahan lingkungan. Disamping itu kita dapat memberkan alternative tertentu yang bertujuan  mencapai suatu kehidupan yang nyaman dan lestari.

Fisika lingkungan mempunyai tujuh komponen pokok yaitu :

  • Lingkungan sebagai pengembangan sumber ilmu dan teknologi.

Sejak perkembangan fisika klasik hingga fisika modern pada dasarnya merupakan upaya mengatasi lingkungan agar manusia hidup lebih nyaman. Dengan kondisi lingkungan tertentu manusia berupaya mengembangkan ilmu dan teknologi agar mencapai tujuan yang diharapkan. Keberhasilan  sain untuk mengatasi kondisi lingkungan agar lebih menguntungkan tercapai karena para ilmuan telah mengembangkan dan menggunakan suatu metode yang sangat efektif dan kita kenal dengan metode ilmiah.

  • Lingkungan sebagai sumber bahan-bahan kehidupan.

Lingkungan merupakan sumber air, nitrogen, oksigen, mineral dan bahan-bahan lain yang diperlukan untuk kehidupan.

  • Lingkungan sebagai sumber pencemar

Segala bentuk kegiatan kehidupan manusia yang menghasilkan sampah yang tanpa ada pengendalian merupakan sumber pencemaran bagi kehidupan manusia itu sendiri. Pengembangan teknologi adatif dan protektif yang merupakan bentuk pengembangan teknologi untuk memelihara dan melindungi tata lingkungan adalah pilihan yang tepat.

  • Lingkungan sebagai sumber energi.

Energi kinetik maupun energi potensial yang ada di lingkungan telah banyak dimanfaatkan oleh  manusia untuk mencapai tujuan hidupnya. Lebih lanjut dapat kita lihat pemanfaatan air untuk menghasilkan sumber energi listrik merupakan bagian pemanfaatan lingkungan untuk mensejahterakan kehidupan manusia. Energi radiasi yang dipancarkan matahari dimanfaatkan hijau tumbuh-tumbuhan dalam proses fotosintesis yang menghasilkan karbonhidrat, protein dan lemak . Bahan-bahan tersebut merupakan sumber energi metabolisme semua bentuk kehidupan baik di daratan maupun di lautan.

  • Lingkungan sebagai pengatur kehidupan

Kelembaban, suhu, tekanan udara, siklus siang maam, menentukan kehidupan dan perkembangan organisme.

  • Lingkungan sebagai pengatur kehidupan mikroorganisme

Lingkungan juga menentukan distribusi dan kelangsungan hidup mikroorganisme baik yang pathogen maupun a pathogen.

  • Lingkungan sebagai Perangsang kehidupan.

Medan gravitasi bumi ternyata merangsang daur tumbuh-tumbuhan untuk bergerak ke bawah. Cahaya matahari merangsang tumbuhan da binatang kecil untuk menghadap kea rah tertentuatau bergerak mendekati tempat cahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *