Fishfinder merupakan alat untuk melacak keberadaan ikan di laut, danau maupun sungai. Fishfinder dilengkapi dengan tranduceryang dipasang dibawah kapal, alat inilah yang akan mengirim sinyal ke dasar laut sehingga bisa dideteksi berapa kedalaman, keberadaan ikan, topografi bawah laut dan kita bisa melihatnya dari monitor yang dipasang di kapal. Alat ini sangat cocok untuk nelayan, hobi mancing dan lain-lain.

Fishfinder merupakan alat berbentuk monitor yang digunakan untuk mencari lokasi ikan. Fishfinderini terdiri dari transducer yang berfungsi sebagai sensor dan monitor yang berguna untuk menampilkan hasil gambar. Transducer ini terletak dibawah kapal, baik ditengah-tengah maupun dibelakang, dan berfungsi untuk mengirimkan sinyal-sinyal sensor ke bawah laut.

Sinyal-sinyal tersebut akan memantul kembali setelah mencapai dasar dan kemudian sinyal tersebut akan kembali ditangkap oleh transducer untuk seterusnya di interpretasikan di komputer. Berdasarkan jarak jelajah sinyal dari transducer, maka komputer dapat mengetahui jarak kedalaman, jenis struktur dasar dan benda-benda yang melayang ditengah-tengah (ikan, benda-benda yang melayang dalam laut, dan sebagainya). Beberapa buah depth sounderatau fishfinder yang cukup populer adalah JRC, Humminbird, Eagle, Garmin, Furuno, Lawrance, Simrad, dan lain-lain (Adrianus, 2004).

REFERENSI 

Adrianus, 2004, How to Use Fishfinder Properly, http://www.fishforum.com. Di akses 5 April 2008