Dalam usaha mendidik anak perlu dilaksanaka secara berkesinambungan dan memerlukan waktu yang sangat panjang dan melalui proses demi proses, dengan bermacam faktor pendukung.
            Faktor pendukung dalam medidik anak mulai terjadi di dalam keluarga, karena keluarga sangat dominan perannya dalam mendidik anak, anak harus dibimbing supaya menjadi anak yang dapat menyesuaikan diri dengan keluarganya dan kelak dapat berdiri sendiri. Ia harus dibina untuk berpartisipasi dan menjadi bahagian dari keluarga yang utuh.
Keluarga yang utuh akan menjadi keluarga sejahtera. Sebagaimana kita ketahui bahwa tanggung jawab mendidik anak yang pertama sekali adalah keluarga, kemudian didukung oleh pemerintah dalam hal ini sekolah, dan lembaga masyarakat sekitarnya. Masyarakat bertanggung jawab terhadap kesejahteraan anak sesuai dengan anjuran pendidikan yang dikenal dengan tri pusat pendidikan.
Selain orang tua sendiri harus menciptakan kondisi-kondisi yang harmonis diantara mereka, maka anak secara berangsur-angsur diberikan pengertian tentang arti dirinya di tengah-tengah keluarga. Dengan demikian keluarga (orang tua) harus dapat memberi contoh teladan terhadap anaknya, pada hakikatnya orang tua dalam keluarga mempunyai harapan agar anak-anak mereka tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik.