Menurut Kamus Istilah Kedokteran,infeksi adalah invasi dan pembiakan mikroorganis pada jaringan tubuh,yang terutama menyebabkan cedera selular akibat kompetisi metabolisme,toksin,replikasi intra seluler atau respon antigen antibody,Gigi infeksi adalah keadaan dimana gigi telah mengalami kontaminasi dengan mikroorganisme. 

1. Karies gigi

Proses terjadinya karies:

Keberadaan bakteri dalam mulut merupakan suatu hal yang normal. Bakteri dapat mengubah semua makanan, terutama gula, menjadi asam. Bakteri, asam, sisa makanan, dan ludah akan membentuk lapisan lengket yang melekat pada permukaan gigi. Lapisan lengket inilah yang disebut plak. Plak akan terbentuk 20 menit setelah makan. Zat asam dalam plak akan menyebabkan jaringan keras gigi larut (demineralisasi email) dan terjadilah karies pada gigi,dimana dalam hal ini gigi telah mengalami infeksi. Bakteri yang paling berperan dalam menyebabkan karies adalah Streptococcusmutans.

2. Trauma

Adanya trauma- terjadi obstruksi pembuluh darah – pembuluh darah rusak- dilatasi pembuluh darah kapiler- degenerasi kapiler- edema pulpa- menurunnya sirkulasi kolateral-ischemia infark-menurunnya respon pulpa.
terbuka dentin karena respon pertahanan pulpa yang menurun sehingga tidak kuat melawan plak dan MO – terjadi infeksi -nekrosis. Dengan adanya trauma- fraktur ½ incisal – sudah sampai dentin- tubulus dentin plak dan Mikroorganisme(MO) masuk hingga ke dalam tubulus

3. Prosedur Operatif
4. Nekrose pulpa
5. Kebocoran tepi pada restorasi