Dalam setiap komponen utama distribusi terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh dalam kondisi pelaksanaan aktivitas distribusi. Hal ini juga dapat dijadikan indikator atau parameter pengembangan aktivitas lainnya, faktor tersebut diantaranya :

  1. Pemprosesan Pemesanan

Menurut Djaslim Saladin (1997 ; 90), faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memproses pesanan adalah sebagai berikut :

      • Kesiapan tenaga penjual untuk mengirimkan pesanan tepat pada waktunya.
      • Kesiapan bagian gudang untuk menyiapkan dan mengepak barang yang sudah dipesan.
      • Biaya pengiriman se efisien mungkin.
  1. Manajemen Persediaan

Menurut Philip Kotler (1996 ; 30), faktor-faktor yang  harus diperhatikan dalam mengelola persediaan adalah sebagai berikut :

  1. Biaya penyimpanan
  2. Waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan
  3. Jumlah yang ideal dalam menyimpan pesanan
  4. Pergudangan

Jadi manajemen logistik atau persediaan perusahaan perlu untuk memperhatikan faktor-faktor diatas, perlu mengoptimalkan kegiatan distribusi fisiknya agar dapat dicapai tujuan sesuai dengan yang direncanakan.

Pentingnya Pemilihan Saluran Distribusi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan

Pentingnya saluran distribusi pemasaran, karena distribusi pemasaran melibatkan perencanaan, penerapan, dan pengontrolan aliran fisik matrial, barang jadi, dan informasi terkait dari titik awal hingga titik konsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan kondisi keuangan tetap berlaba. Serta mengkoordinasikan sistem distribusi fisik keseluruhan saluran distribusi atau aktivitas pemasok, agen pembelian, pemasar, anggota saluran, distribusi, dan pelanggan.

Termasuk dalam aktivitas ini adalah peramalan, sistem informasi, pembelian, perencanaan poduksi, pemrosesan pesanan, persediaan, pergudangan, dan perencanaan transportasi. Dan pada akhirnya akan berdampak atau berpengaruh pada peningkatan penjualan produk yang ditawarkan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *