Perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam mengembangkan bauran promosi mereka : jenis pasar produk, apakah akan meggunakan strategi dorong atau tarik,tingkat kesiapan konsumen untuk melakukan pembelian,tahap produk dalam siklus hidup produk dan peringkat pangsa pasar perusahaan .

Faktor dalam mengembangkan bauran promosi antara lain:

1.)    Jenis Pasar Produk

Menentukan pasar yang akan di masuki, pemenfaatan alat promosi bervariasi antara pasar konsumen dan pasar bisnis. Pemasar konsumen mengeluarkan uang untuk promosi penjualan, periklanan, perjualan personal, dan hubungan masyarakat, sesuai dengan urutannya. Pemasar bisnis mengeluarkan uang untuk penjualan personal, promosi penjualan, periklanan, dan hubungan masyarakat, sesuai urutan tersebut. Secara umum, penjualan personal lebih banyak digunakan dalam penjualan produk yang rumit, mahal dan berisiko serta di pasar dengan jumlah penjual besar yang sedilit (yaitu pasar bisnis)

2.)    Strategi Dorong Lawan Strategi Tarik

Bauran promosi sangat dipergunakan oleh apakah suatu perusahaan akan memilih strategi dorong atau strategi tarik guna menciptakan penjualan. Strategi dorong (push strategy) mencakup produsen yang menggunakan tenaga penjual dan promosi dagang untuk membujuk perantara suapaya mengambil, mempromosikan dan menjual produk kepada pemakai akhir. Strategi dorong sangat tepat digunakan jika kesetiaan merek dalam suatu kategori rendah, pilihan merek dilakukan di took, produk itu merupakan barang implus, dan manfaat produk sangat jelas. Strategi tarik (pull strategy) mencakup produsen yang menggunakan iklan dan promosi konsumen guna mendorong pemakai akhir untuk meminta produk tersebut kepada perantara dan dengan demikian mendorong perantara memesan produk itu dari produsen.

3). Tahap Kesiapan Pembeli

Alat-alat promosi memiliki biaya yang berbeda-beda pada berbagai tahap kesiapan pembeli. Efektivitas biaya relative dari empat alat promosi, periklanan dan publiksitas memainkan peran yang penting dalam tahap membangun kesadaran, lebih penting daripada peran yang dimainkan oleh kunjungan wiraniaga atau oleh promosi penjualan.

4). Tahap Siklus Produk

Alat-alat promosi juga memiliki efektivitas biaya yang berbeda-beda pada berbagai tahap daur hidup produk :

  1. pada tahap perkenalan, peiklanan dan publiksitas memiliki tingkat efektivitas biaya yang tertinggi diikuti oleh penjualan personal untuk memperoleh cakupan distribusi dan promosi penjualan guna mendorong konsumen agar mencoba produk.
  2. Pada tahap pertumbuhan semua alat promosi dapat dikurangi perannya karena permintaan dapat bergerak melalui cerita dari mulut ke mulut
  3. Pada tahap kemapanan atau kedewasaan, promosi penjualan, periklanan, dan penjualan personal semauanya semakin penting, sesuai urutan tersebut.
  4. Pada tahap penurunan, promosi penjualan tetap kuat, peiklanan, dan publisitas dikurangi dan wiraniaga hanya perlu memberikan sedikit perhatian pada produk.

5.) Peringkat Pasar Perusahaan

Pemimpin-pemimpin pasar menghasilkan lebih banyak keuntungan dari peiklanan dibandingkan promosi penjualan. Sebaliknya para pesaing yang lebih kecil mendapatkan lebih banyak keuntungan dari menggunakan promosi penjualan dalam bauran komunikasi pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *