Faktor-faktor yang banyak mempengaruhi kehidupan di laut adalah :
  1. GERAKAN AIR
Gerakan air merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan laut.
Gerakan-gerakan air laut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
a.       Arus: arus disebabkan oleh angin yang berhembus diatas permukaan air  yang menyebabkan gesekan antara udara dan air laut yang menyebabkan timbulnya arus / gerakan-gerakan dari air laut.
b.      Pasang-surut: Pasang-surut air laut merupakan salah satu pengaruh terbesar terhadap kehidupan di laut hal ini disebabkan oleh daya gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi yang menyebabkan naik-turunnya permukaan air laut secara berkala, hal ini dapat kita lihat dengan jelas di daerah laut sekitar pantai. 
c.       Gelombang: Gelombang pada air laut sebagian disebabkan oleh angin dan sebagian lagi disebabkan oleh tekanan tangensial pada partikel air.
  1. SALINITAS
Salinitas adalah berat garam dalam per kilogram air laut. Salinitas merupakan salah satu faktor yang mempangaruhi lingkungan laut khususnya pada biota-biota laut, karena biota laut memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk beradaptasi terhadap kisaran kadar garam di dalam laut.
  1. SUHU DAN DENSITAS AIR
Suhu merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi di laut. Bersama-sama dengan salinitas, mereka dapat digunakan untuk mengidentifikasi massa air dan bersama-sama dengan tekanan mereka dapat digunakan untuk menentukan densitas air laut. Densitas digunakan untuk mengukur kesejukan laut, karena densitas memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan organisme-organisme laut. 
  1. CAHAYA

Bagi hewan laut cahaya memiliki pengaruh terbesar secara tidak langsung yakni sebagai sumber untuk fotosintesis tumbuhan-tumbuhan di laut (fitoplankton) yang menjadi sumber makanan utama di laut. Cahaya merupakan faktor penting untuk perpindahan populasi hewan-hewan laut khususnya plankton