Nutrisi Parenteral (NP) merupakan suatu cara pemberian nutrisi dan energi secara intravena yang bertujuan untuk memberikan kecukupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk metabolisme dan pertumbuhan bayi baru lahir yang mempunyai problem klinik yang berat, terutama pada Bayi Baru Lahir Amat Sangat Rendah (BBLASR) di mana belum/tidak memungkinkan untuk diberikan nutrisi enteral.

Dewasa ini nutrisi parenteral baik Sebagai NP Total maupun NP Parsial telah merupakan sarana penunjang utama perawatan bayi sakit berat maupun BBLASR yang dirawat di Unit Perawatan Intensif Neonatus.

Keuntungan pemberian nutrisi parenteral melebihi bahaya yang dapat terjadi bilamana fasilitas medis, perawatan, farmasi dan laboratorium yang dibutuhkan tersedia. Dapat dipahami bahwa banyak terdapat kendala untuk pelaksanaannya misalnya sumber daya manusia atau logistik, namun dengan pemahaman yang baik mengenai keselamatan yang utuh maka prosedur ini dapat dilaksanakan sesuai kemampuan yang ada.

Peran pemberian nutrisi parenteral cukup pentingnya, sehingga kita semua dituntut mampu mandiri melaksanakan pemberian nutrisi parenteral khususnya aspek kebutuhan nutrient pada neonatus.

Tujuan TPN adalah agar dapat memberikan nutrisi yang mencukupi untuk mencegah kekurangan energi, protein, dan asam lemak esensial. Selain itu untuk mendukung pertumbuhan neonatus seperti normal tanpa diiringi risiko peningkatan morbiditas dan mortalitas.