Diagram radar merupakan metode grafis berbentuk grafik dua dimensi yang menggambarkan data multivarian, dimana tiga atau lebih variabel kuantitatif digambarkan dalam bentuk sumbu yang dimulai dari titik yang sama.

Grafik radar ini terdiri dari jari-jari yang mewakili nilai satu variabel. Panjang dari jari-jari tersebut menggambarkan besarnya nilai variabel. Jari-jari tersebut kemudian dihubungkan dengan garis, sehingga membentuk plot yang berbentuk radar. Diagram radar dikenal juga dengan sebutan diagram sarang laba-laba (Spider Graph).

Menurut Lestari (2005), diagam radar ini digunakan untuk memudahkan dalam mengamati suatu pemisahan logis antara variabel-variabel yang akan dibandingkan. Dalam diagram ini terlihat karakteristik objek terhadap variabel-variabel yang ada.

Cara membuat diagram radar adalah dengan membuat garis-garis yang saling bersilangan. Garis-garis tersebut sebagai gambaran dari variabel-variabel yang dianalisis. Kemudian menentukan titik-titik skala untuk menggambarkan besarnya variabel. Titik data diplotkan dalam diagam tersebut. Selanjutnya titik-titik plot data dihubungkan dengan garis.

Daftar Pustaka

Lestari, Sri, (2008), Kajian Efektivitas Model Penumbuhan Klaster Bisnis UKM Berbasis Agribisnis, (http://www.smecda.com/kajian/files/jurnal_3_2008/02_Lestari.pdf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *