Definisi Restoran

Menurut Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Nomor KM 95/HK. 103/MPPT-87, Restoran adalah salah satu jenis usaha pangan yang bertempat di sebagian atau diseluruh bangunan yang permanen dilengkapi peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, penyajian dan penjualan makanan dan minuman bagi umum di tempat usahanya dan memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan dalam keputusan ini.

Restoran dalam operasinya terjadi semacam barter antara pembeli dengan penjual, dalam hal ini antara produk dengan uang. Hubungan tersebut tidak akan berjalan dengan mulus apabila petugas yang akan menangani pelayanan tidak terseleksi secara cermat, dididik dan dilatih dengan baik, diajar berkomunikasi serta dikoordinasikan dengan teliti serta dipersiapkan dengan kesungguhan hati.

Jenis-Jenis Restoran

Restoran memiliki beberapa bentuk atau jenis. Terdapat sepuluh jenis restoran berdasarkan tingkat keorsinilannya, yaitu :

  1. Family Continental, yaitu restoran yang didirikan berdasarkan pada tradisi keluarga dimana restoran ini mementingkan masakan enak, suasana yang nyaman serta harga yang bersahabat namun pelayanan dan dekorasi yang ditawarkan sederhana.
  2. Fast Food, yaitu restoran yang mengutamakan kecepatan penyajian, terbatas dalam jenis, mahal dan mengutamakan banyak pelanggan. Dekorasi restoran jenis ini lebih mengutamakan warna-warna utama dan terang.
  3. Kafetaria, biasanya terdapat di dalam gedung-gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan, sekolah dan pabrik-pabrik. Menu yang ditawarkan agak terbatas dan biasanya berganti-ganti menurut hari, dan harga relatif ekonomis.
  4. Gourmet, merupakan restoran berkelas memerlukan suasana restoran yang sangat nyaman dengan dekorasi artistik. Jenis ini ditujukan kepada mereka yang menuntut standar penyajian yang tinggi dan bergengsi.
  5. Etnik, yaitu restoran yang menyajikan masakan dari daerah (suku atau negara) yang spesifik, misalnya masakan Padang, Jawa Timur, Cina, Jepang, dan lain-lain. Dekorasi biasanya disesuaikan menurut etnik yang bersangkutan bahkan termasuk seragam karyawannya.
  6. Buffet, restoran dengan cirri utamanya adalah pemberian satu harga untuk makan sepuas-puasnya apa yang disajikan pada buffet. Peragaan dan display makanan sangat penting disini, sebab ia langsung menjual dirinya.
  7. Coffee Shop, jenis restoran yang ditandai dengan pelayanan secara cepat dan cepat pergantian tempat duduk. Banyak seating menempati counter service untuk menekan suasana informal. Lokasi utama biasanya di gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.
  8. Snack Bar, suatu ruangan yang biasanya lebih kecil namun cukup untuk melayani orang-orang yang ingin makanan kecil atau jajanan.
  9. Drive in/thru or parking, dimana pada restoran ini pembelian dapat dilakukan tanpa perlu turun dari mobilnya. Pesanan diantar hingga ke mobil untuk ”eat in (parkir sementara) atau take away dengan jenis makanan dikemas secara praktis.
  10. Speciality Restaurant, jenis restoran yang terletak jauh dari keramaian, tetap menyajikan makanan khas yang menarik dan bermutu. Ditujukan kepada turis dan keluarga dengan suasana yang khas dan unik. Harga yang ditetapkan restoran ini relatif mahal.

Kategori Restoran Berdasarkan Jenis Makanan yang Disediakan

(The “JAKARTA KINI” Restaurant Guide diacu dalam Nugraha 2004) membedakan kategori makanan berdasarkan jenis makanan yang disediakan :

  1. American Food

Makanan yang khas dari Amerika adalah hot dogs, hamburgers and fries. Banyak restoran Amerika yang menyajikan beberapa jenis makanan yang merupakan bauran dari Negara-negara lain di luar Amerika seperti Roast Beef (Inggris) dan Lagsana (Italia) serta Nachos (Meksiko).

  1. Chinnese Food

Bagi masyarakat cina, makanan adalah hidup mereka dengan memperhatikan kandungan makanan yang akan mereka konsumsi. Masyarakat cina sangat memperhatikan kesehatan, sehingga tak jarang mengandung bahan yang dapat menjaga kebugaran tubuh.

  1. European Food

Makanan Eropa terkenal dengan kemewahannya diseluruh dunia. Banyak orang masih belum mengenali keragaman cara memasak masakan Eropa, karena benua Eropa sendiri dihuni oleh beberapa Negara dengan kebudayaan yang sangat beragam.

  1. Indian Food

Masakan India dapat dengan mudah dikenali oleh masyarakat, karena kekhasan yaitu aroma dan warna yang memiliki cirri tertentu. Masakan India mempengaruhi Negara Asia lainnya, seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia.

  1. Indonesian Food

Masakan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah menghasilkan variasi makanan yang sangat beragam, mengingat Indonesia merupakan Negara yang beraneka macam suku dan budaya dari masing-masing daerah sehingga memiliki cirri khas makanan dari masing-masing daerah tersebut.

  1. International Food

Restoran Internasional tidak menyediakan masakan khas yang berasal dari satu Negara, biasanya menu-menu yang disajikan berasal dari beberapa Negara. Berbagai macam menu masakan yang disajikan, membuat kemudahan terhadap pemilihan masakan yang diinginkan.

  1. Italian Food

Masakan Italia terkenal dengan sajian berbagai jenis masakan yang berbahan dasar pasta yang dikombinasikan dengan ikan dan makanan laut lainnya. Masyarakat Italia memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga memiliki cita rasa yang tinggi.

  1. Japanese Food

Masakan Jepang terkenal dengan keunikannya, karena disajikan tanpa proses pematangan sebelumnya. Orang Jepang menganggap bahwa makanan yang dikonsumsi mentah lebih sehat dan bergizi, karena tidak ada kandungan gizi dari bahan makanan yang hilang bersamaan dengan proses pematangan.

  1. Middle Eastern Food

Masakan Timur Tengah sangat eksotik sesuai dengan namanya. Kaya akan nilai-nilai sejarah, budaya dan masakan Timur Tengah sangat khas denag rasa pedasnya yang merupakan perbatasan antara budaya Timur dan Barat.

  1. Sea Food

Masakan yang didominasi dengan bahan dasar yang berasal dari laut terbesar, sehingga tidak heran banyak orang yang mengkonsumsi seafood.

  1. Thai Food

Masakan Thailand banyak dipengaruhi oleh masakan India, Malaysia dan Cina. Namun tidak mengurangi keragaman masakannya dengan cirri khas tertentu yang berbeda.

  1. Vegetarian Food

Kecenderungan hidup sehat untuk sebagian masyarakat tertentu membuat permintaan akan masakan yang berbahan sayuran dan buah-buahan semakin meningkat. Itulah salah satu alasan maraknya persaingan restoran yang menyajikan masakan khusus untuk para vegetarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *