Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh mycobakterium tuberkulosis dan mycobacterium bovis (sangat jarang disebabkan oleh mycobacterium avium).Kuman batang aerobik dan tahan asam ini,dapat merupakan organisme patogen maupun saprofit.ada beberapa mikobakteripatogen, tetapi hanya strain bovin dan manusia yang patogenik terhadap manusia.basil tuberkel ini berukuran 0,3×2 sampai 4 mm,ukuran ini lebih kecil dari pada sel darah merah1.
Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis, yakni kuman aerob yang dapat hidup terutama di paru atau diberbagai organ tubuh yang lainya yang mempunyai tekanan parsial oksigen yang tinggi. Kuman ini mempunyai kandungan lemak yang tinggi pada membrana selnya sehingga menyebabkan bakteri ini menjadi tahan terhadap asam dan pertumbuhan dari kumannya berlangsung dengan lambat. Bakteri ini tidak tahan terhadap ultraviolet, karena itu penularannya terutama terjadi pada malam hari8.
Mycobacterium tuberkulosis ditemukan oleh Robert Koch pada tahun 1882. Basil tuberkulosis dapat hidup dan tetap virulen beberapa minggu dalam keadaan kering, tetapi dalam keadaan cairan mati pada suhu 60oC dalam 15-20 menit3.

Comments

  1. cara mengobati penyakit tuberkulosis

    maka dari itu kita harus menjaga kesehatan dan banyak berolahraga, terutama jogging di siang hari terlebih di pagi hari untuk kesehatan paru-paru kita karena pertukaran udara yang masuk ke paru-paru di pagi hari lebih bagus, nice share..
    🙂